Tarik Wisatawan Berkunjung ke Jatim, Senator Ning Lia: Perlu Ada yang Cantik

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

15 Mei 2024 02:05 15 Mei 2024 02:05

Thumbnail Tarik Wisatawan Berkunjung ke Jatim, Senator Ning Lia: Perlu  Ada yang Cantik Watermark Ketik
Anggota DPD RI terpilih Lia Istifhama saat diwawancarai, Selasa (14/5/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Banyak cara dilakukan untuk meningkatkan jumlah wisatawan untuk berkunjung di Jawa Timur terlebih di musim libur. Anggota DPD RI terpilih Lia Istifhama menilai perlu ada yang cantik dalam menarik pengunjung untuk berwisata di Jawa Timur.

"Cantik akronim dari cerdas, inovatif, dan kreatif. Disini Cerdas adalah kecerdasan pengelola wisata menangkap preferensi konsumen untuk berkunjung, sehingga tidak hanya berkaitan dengam pendapatan daerah atau nasional yang bisa menarik wisatawan lokal maupun manca negara," ucap Lia, Selasa (14/5/2024).

Lia menjelaskan cerdas menangkap peluang adalah berkaitan dengan kreatifivitas dan inovasi yang dilakukan pengelola. “Bentuk cerdas menangkap realitas tentu berkaitan dengan bagaimana kita bisa kreatif dan inovatif," ucapnya.

Selain itu, Kreatif menunjukkan identitas kuliner lokal yang menarik dan layak menjadi spot foto misalnya. "Sedangkan inovasi dalam menunjukkan sebuah event atau suguhan acara yang menunjukkan kearifan lokal dan diterima semua kalangan," ucap Lia.

Lia menambahkan adanya faktor alam tidak harus menjadi batasan peluang industri wisata. “Semua wilayah memiliki keunggulan geografis dan demografis jadi jangan berkecil hati atau membatasi pada faktor alam saja. Melainkan utamakan identitas yang menarik dalam masyarakat," ucap Lia.

"Misalnya kampung cinta di sebuah kota metropolis yang jauh dari gunung ataupun pantai, dimana sebuah destinasi wisata isinya bertaburan hiasan instagramable yang berisi quotes romantic atau rayuan yang kocak dan unik. Ini kan juga bisa menarik pengunjung di kalangan remaja atau gen-z,” imbuh keponakan Khofifah Indar Parawansa ini. (*)

Tombol Google News

Tags:

wisatawan Pariwisata di Jatim DPD RI Lia Istifhama Jawa timur