STY Kecewa Meski Indonesia Kalahkan Filipina dan Tembus Semifinal, Kenapa?

Jurnalis: Samsul HM
Editor: M. Rifat

2 Januari 2023 18:50 2 Jan 2023 18:50

Thumbnail STY Kecewa Meski Indonesia Kalahkan Filipina dan Tembus Semifinal, Kenapa? Watermark Ketik
Marselino Ferdinan usai mencetak gol kedua Indonesia ke gawang Filipina. (Foto: Twitter PSSI)

KETIK, JAKARTA – Tim nasional sepak bola Indonesia berhasil mengalahkan Filipina pada laga pemungkas Grup A Piala AFF 2022, Senin (2/1/2023). Bertanding di Rizal Memorial Stadium, Manila, Marselino Ferdinan dkk menang tipis 2-1.

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2022 berstatus runner-up grup. Sebab pada laga lainnya, Thailand menang 3-1 atas Kamboja.

Timnas Indonesia dan Thailand sama-sama mengoleksi 10 poin. Tapi Merah Putih kalah agresivitas gol.

Timnas Indonesia berpeluang menghadapi Vietnam pada semifinal Piala AFF 2022. Adapun grup B akan menyelesaikan fase penyisihan pada Selasa (3/1/2022).

Meski menang, pelatih Indonesia Shin Tae-yong (STY) mengaku tidak puas dengan hasil pertandingan melawan Filipina ini. Itu karena Timnas Indonesia hanya menang tipis 2-1. Padahal, Marselino Ferdinan dkk punya banyak peluang.

Statistik mencatatkan, Timnas Indonesia berhasil melepaskan 17 tembakan. Enam di antaranya tepat sasaran.

"Saya mengucapkan selamat kepada para pemain atas masuknya (Timnas Indonesia) ke semifinal," ucap Shin Tae-yong, saat sesi jumpa pers usai laga. "Tetapi untuk pertandingan saya sangat tidak puas dengan hari ini, Senin (2/1)," katanya menambahkan.

Menurut Shin Tae-yong, yang ditunjukkan anak asuhnya di laga ini mengulang kesalahan saat partai kontra Kamboja pada matchday pertama, Jumat (23/12). Ketika itu, Timnas Indonesia juga hanya menang 2-1.

"Kalau lawan Kamboja ada beberapa mungkin tiga sampai empat peluang yang sempurna, tetapi tidak bisa cetak gol. Jadi, setiap selesai pertandingan saya sangat tegaskan agar kita bisa cetak gol ketika kita mendapatkan peluang yang baik," ucap pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini.

"Hari ini pun sama. Ada banyak peluang yang baik, tapi itu tidak bisa kami manfaatkan dengan baik. Jadi karena itu saya tidak senang dan akan evaluasi masalah ini," imbuh Shin Tae-yong.(*)

Tombol Google News

Tags:

Indonesia Timnas piala aff