Sering Kelupaan Simpan Buah Mangga sampai Busuk? Ini Tips Menyimpannya Agar Tahan Lama

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

13 Desember 2023 12:09 13 Des 2023 12:09

Thumbnail Sering Kelupaan Simpan Buah Mangga sampai Busuk? Ini Tips Menyimpannya Agar Tahan Lama Watermark Ketik
Buah Mangga. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Buah mangga merupakan salah satu buah tropis yang memiliki banyak penggemar. Buah ini memiliki cita rasa yang manis dan segar. Harga buah mangga sendiri bisa dikatakan cukup murah karena statusnya sebagai buah lokal. Selain itu buah ini memiliki beragam kandungan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

Buah mangga merupakan buah yang awet jika disimpan dengan benar. Sehingga banyak orang menyetok buah ini untuk dikonsumsi kemudian hari. Akan tetapi buah ini akan lebih awet lagi jika kita menyimpannya dengan benar.

Berikut ini kami ulas cara menyimpan buah mangga dengan tepat. Agar bisa disimpan dalam kurun waktu yang lebih lama, dan nutrisinya tidak banyak berkurang.

1. Beli Mangga Yang Belum Matang

Jika kamu memang berencana menyimpang buah mangga dalam kurun waktu yang lama, ada baiknya kamu membeli buah mangga yang belum matang. Hal ini karena buah mangga yang belum matang memiliki daya simpan yang lebih lama.

2. Simpan Buah di Lemari Es

Selanjutnya kamu dapat menyimpan buah mangga di lemari es agar lebih tahan lama. Namun perlu menjadi perhatian jangan terlalu lama menyimpan buah mangga di lemari es, hal ini akan menyebabkan kesegaran buah dapat berkurang. Sehingga tentu saja akan mengurangi nutrisinya.

Foto Salah satu olahan buah mangga. (Foto: Pexels)Salah satu olahan buah mangga. (Foto: Pexels)

3. Kupas dan Potong Buah Sebelum di Simpan

Jika ingin buah mangga yang disimpan di kulkas tahan lebih lama, sebaiknya kupas dan potong buah mangga sebelum disimpan. Setelah itu letakkan di toples atau wadag kedap udara. Dengan cara ini buah mangga sanggup bertahan hingga 1 minggu.

4. Simpan Di Freezer

Cara yang paling efektif adalah dengan menyimpan buah mangga ke dalam freezer. Dengan cara ini buah mangga akan bertahan lebih dari satu minggu. Namun di balik kelebihannya tersebut, buah mangga akan kehilangan kesegarannya karena suhu yang terlalu dingin.

5.Diolah Terlebih Dahulu

Langkah terakhir untuk menyimpan buah mangga adalah dengan mengolahnya terlebih dahulu menjadi suatu hidangan. Mengolah buah mangga menjadi makanan tertentu yang memiliki daya tahan lama, akan membuat buah mangga bisa dinikmati dalam waktu yang lebih lama.(*)

Tombol Google News

Tags:

Buah mangga cara menyimpan freezer tips buah tropis