Selain Lemak Inilah Penyebab Perut Terlihat Buncit

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

12 Juli 2023 05:05 12 Jul 2023 05:05

Thumbnail Selain Lemak Inilah Penyebab Perut Terlihat Buncit Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Andrea/Pexels)

KETIK, JAKARTA – Memiliki perut buncit adalah hal yang dihindari oleh banyak orang. Selain dapat merusak penampilan, perut buncit dapat menjadi awal penyakit tertentu. Namun banyak orang yang mengira perut buncit diakibatkan karena timbunan lemak, Padahal banyak hal yang menyebabkan perut menjadi buncit. 

Lalu apa saja penyebab dari perut buncit, berikut ini kami uraikan untuk anda, simak penjelasannya dibawah ini.

1. Penumpukan Cairan

Penumpukan cairan atau biasa disebut retensi air adalah salah satu faktor yang paling sering menyebabkan perut terlihat buncit selain lemak. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi retensi air, antara lain konsumsi garam yang berlebihan, efek samping obat-obatan, kurangnya aktivitas fisik, atau masalah kesehatan seperti sindrom pramenstruasi (PMS) pada wanita. 

Untuk mengurangi penumpukan cairan di perut hindari konsumsi garam atau makanan yang asin. Selain itu perbanyak aktivitas fisik untuk menghilangkan kelebihan cairan.

 

2. Penumpukan Gas

Perut yang terlihat buncit juga bisa disebabkan karena penumpukan gas di dalam tubuh. Hal ini bisa terjadi karena kesalahan pola makan, seperti mengunyah yang terlalu cepat, makanan yang sulit dicerna, makan terlalu banyak dan sensitivitas terhadap makanan tertentu.

Untuk menghindari hal ini usahakan saat makan kunyah makanan dengan perlahan dan hindari makanan yang mengandung lemak, gas, dan soda.

 

3.Postur Tubuh yang Buruk.

Selain karena faktor makanan penyebab perut buncit adalah postur tubuh yang salah. Seperti membungkuk, atau miringkan panggul ke depan, dapat membuat perut terlihat lebih besar. 

Oleh sebab itu penting untuk menjaga postur tubuh dengan membiasakan diri duduk dengan tegak dan rajin berolahraga agar tubuh lebih tegap.

 

4. Kandungan Empedu yang Tidak Sehat

Kandung empedu adalah organ kecil yang terletak di bawah hati. organ ini berfungsi untuk memproduksi cairan yang berguna untuk mencerna lemak yang kita konsumsi. Jika organ ini bermasalah akan menyebabkan batu empedu yang membuat gas menumpuk di perut dan membuat perut terlihat buncit.

Apabila kamu mengalami gejala seperti kembung dan perut buncit yang terkait dengan masalah kandungan empedu, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan dengan dokter agar mendapatkan diagnosis yang tepat serta memberikan pengobatan yang sesuai.(*)

Tombol Google News

Tags:

Perut buncit lemak postur tubuh garam kandung empedu kesehatan