Segera Lakukan Update Google Chrome, Jika Tidak Ingin Data Dibobol

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

17 April 2023 08:47 17 Apr 2023 08:47

Thumbnail Segera Lakukan Update Google Chrome, Jika Tidak Ingin Data Dibobol Watermark Ketik
Ilustrasi Google Chrome. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Bagi Anda yang suka berselancar di Internet menggunakan Google Chrome diharapkan untuk selalu melakukan update demi alasan keamanan.

Baru baru ini Google menemukan celah keamanan atau (vulnerability) zero-day  pada browser mereka tersebut. Hal ini memiliki risiko yang akan membahayakan data pribadi dan privasi Anda.

Developer Google mengaku sebelumnya tidak mengetahui kemunculan celah keamanan tersebut. Zero-day vulnerability kali ini ditemukan oleh Clement Lecigne, seorang Security Engineer dari Google Threat Analysis Group (TAG), dan menjadi celah keamanan zero day pertama browser Chrome sepanjang 2023 ini.

Zero day atau yang disebut juga CVE-2023-2033. merupakan celah keamanan yang yang bisa menimbulkan kebingungan dalam sistem (type of confusion).

Celah ini memiliki risiko di mana seorang hacker dapat mengeksploitasi kumpulan data dari jarak jauh, menggunakan halaman HTML yang dimodifikasi.

Serangan yang muncul biasanya bertujuan untuk memasang spyware pada perangkat individu berisiko tinggi, termasuk jurnalis, politisi oposisi, dan pembangkang di seluruh dunia.

Oleh sebab itu Google meminta pengguna untuk segera melakukan update Google Chrome Dekstop mereka ke versi stabil 112.0.5615.121. Caranya cukup mudah. Pengguna cukup mengikuti langkah berikut:

• Klik titik tiga di pojok jendela Chrome

• Pilih "Help" kemudian pilih "About Google Chrome"

• Kemudian Google Chrome akan secara otomatis mengunduh update

• Pastikan Chrome is up to date Version 112.0.5615.121 (Official Build) (64-bit) setelah update selesai.(*)

Tombol Google News

Tags:

Google Chrome Keamanan data pengguna privasi hacker Bug Spyware