Rotary Club Surabaya Kaliasin Meneladan RA Kartini Pejuang Gigih dan Tangguh

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

28 April 2024 13:27 28 Apr 2024 13:27

Thumbnail Rotary Club Surabaya Kaliasin Meneladan RA Kartini Pejuang Gigih dan Tangguh Watermark Ketik
Peringatan Hari Kartini sekaligus mengesahkan member baru Rotary Surabaya Kaliasin. (Foto: Rotary Kaliasin)

KETIK, SURABAYA – Rotary Club Surabaya Kaliasin merupakan sebuah club yang anggotanya disebut sebagai Rotarian.

Anggota Rotary Kaliasin adalah perempuan yang bergerak dalam kegiatan kemanusiaan, membantu membangun kebersamaan dan kedamaian di dunia.

Anggota Rotary Club Surabaya Kaliasin meneladan Raden Ajeng Kartini yang gigih, sosoknya sangat berjasa dalam mewujudkan kesataraan antara kaum laki-laki dan perempuan.

President Rotary Surabaya Kaliasin Rohmawati menjelaskan, Rotary tak hanya memperingati Hari Kartini namun juga pentingnya meneladan sifat-sifat dan perjuangannya

Rotary club Surabaya Kaliasin memperingati Hari Kartini dan juga melantik member baru Amy Yulia di regular meeting Rotary Club Surabaya Kaliasin.

"Semua member Kaliasin adalah perempuan-perempuan yang tidak patah semangat dalam pengabdian dan perjuangan seperti perjuangan Kartini. Karena tanpa perjuangan Kartini, Perempuan Rotary Kaliasin tidak akan bisa seperti sekarang ini " jelasnya pada Minggu, (28/4/2024).

Menurutnya, sebagai wanita penerus Kartini yang fokus terhadap kegiatan kemanusiaan, Rohma selalu berpegang teguh akan semboyan Kartini yaitu habis gelap terbitlah terang.

"Kita sebagai penerus Kartini, selalu melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaan sebagai bentuk perjuangan kita dan tidak patah semangat untuk terus berjuang, selalu ingat semboyan Kartini  habis gelap terbitlah terang," tutur Rohmawati.

Selain meneladan perjuangan Kartini, Rohma menambahkan member Rotary Surabaya Kaliasin terus berjuang untuk rasa kemanusiaan yang tidak mengenal di mana, kapan dan batasan umur.

"Selama masih diberi kesempatan selalu semangat memperjuangkan apa yang bisa diperjuangkan dalam hidup kita," jelasnya.

"Demikian juga wanita-wanita Kartini Rotari Club Surabaya Kaliasin selalu dalam perjuangan terutama untuk kemanusiaan," imbuh Rohma.

Foto Member Rotary Kaliasin sedang berlomba menggunakan kain batik. (Foto: Rotary Kaliasin)Member Rotary Kaliasin sedang berlomba menggunakan kain batik. (Foto: Rotary Kaliasin)

Rohma menyebut bahwa perempuan saat ini sudah sangat luar biasa, karena memiliki cita-cita sekaligus kontribusi terhadap negara, bangsa hingga dunia.

"Berkat Kartini, wanita Indonesia bisa mempunyai kesetaraan dalam segala aspek kehidupan. Bisa berperan dalam politik, ekonomi dan  pemberdayaan dalam segala sektor," jelasnya.

Menurutnya, Rotary Kaliasin aktif dalam meningkatkan pendidikan dengan program literasi, karena literasi merupakan jendela dunia bagi wanita Indonesia.

"Peningkatan pemberdayaan perempuan juga rutin dilakukan dengan project seperti pemberdayaan perempuan pesisir dan Girls empowermen yang mana semua dilakukan untuk peningkatan pengetahuan dan perlindungan terhadap kekerasan  perempuan dan anak," ujar Pemilik Bisnis Java Interior Surabaya ini.

Untuk member baru Rotary Surabaya Kaliasin, Amy Yulia yaitu perempuan dari Gresik yang juga pengusaha food and baverage.

"Dirinya merasa perlu bergabung di Rotary untuk bisa berkontribusi dalam kemanusiaan di masyarakat negara dan dunia. Dan sudah memenuhi kriteria untuk menjadi member dengan seleksi dan syarat-syarat tertentu," ujar Rohmawati.

Mengenai sifat Kartini, Rohmawati berharap agar member memiliki semangat penuh dalam kebaikan seperti yang dilakukan Kartini di masa lalu.

"Jangan patah semangat dalam perjuangan, salam semangat perjuangan Kartini," pungkas Rohmawati, President Club Surabaya Kaliasin 2023-2024. (*)

Tombol Google News

Tags:

Rotary Club Rotary Club Surabaya Rotary Club Surabaya Kaliasin President Rotary Club Hari Kartini