Rapat Paripurna, Semua Fraksi DPRD Situbondo Setujui Rencana Awal RPJPD 2025-2045

Jurnalis: Adinda Octaviani
Editor: Heru Hartanto

19 Maret 2024 10:08 19 Mar 2024 10:08

Thumbnail Rapat Paripurna, Semua Fraksi DPRD Situbondo Setujui Rencana Awal RPJPD 2025-2045 Watermark Ketik
Bupati Situbondo saat tandatangani Dokumen RPJPD di Saksikan Ketua dan Wakil Ketua DPRD Situbondo (19/03/2024) (Foto : Adinda Octaviani / Ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Situbondo menggelar rapat Paripurna Persetujuan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045. Dalam rapat paripurna ini, seluruh Fraksi DPRD Situbondo menyetujuinya, namun dengan beberapa catatan, Selasa (19/3/2024).

Rapat Paripurna yang dihadiri Bupati, Wakil Bupati, Seketaris Daerah beserta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Situbondo dan pejabat vertikal serta tamu undangan lainnya berlangsung khidmat.

Rapat yang dipimpin Edi Wahyudi Ketua DPRD Situbondo membahas tentang Pedoman Penyusunan Rencana Pembangunan Daerah Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045. “Semua Fraksi menerima pembahasan awal RPJPD 2025 – 2045, dengan berbagai catatan,” kata Edi Wahyudi.

Selanjutnya, kata Edi Wahyudi, pembahasan RPJPD 2025 – 2045 akan dilaksanakan kembali pada rapat paripurna yang akan datang. “Setelah dilakukan pembahasan-pembahasan yang intensif, baik ditingkat komisi dengan mitra kerjanya maupun Baperpeda. Dari sekian banyak pembahasan oleh kelengkapan DPRD Situbondo, kemudian dilakukan pembahasan di tingkat paripurna ini,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan bahwa Rencana Awal (Ranwal) RPJPD ini merupakan gambaran Kabupaten Situbondo di masa depan sampai tahun 2045 k. “Dokumen RPJPD ini tidak bersifat teknis, tetapi merupakan berbagai gambaran yang akan kita capai pada tahun 2045,” jelasnya.

Sedangkan, tataran teknisnya, sambung Bupati Karna, akan diterjemahkan dalam APBD setiap tahunnya, namun ada jangka menengahnya yang akan menopang cita-cita Kabupaten Situbondo sebagaimana yang tertuang dalam RPJND dan RPJPD yang ada.

“Penyusunan RPJPD bertujuan untuk menghadirkan acuan dasar dalam menentukan arah kebijakan dan strategi pembangunan daerah dalam jangka waktu 5 tahun mendatang,” jelas Bupati Situbondo Karna Suswandi. (*)

Tombol Google News

Tags:

Rapat Paripurna Semua Fraksi Setujui Rancangan Awal RPJPD Situbondo Hari Ini Situbondo Berita