Qualcomm Segera Luncurkan Snapdragon 7 Gen 2

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

18 Maret 2023 14:10 18 Mar 2023 14:10

Thumbnail Qualcomm Segera Luncurkan Snapdragon 7 Gen 2 Watermark Ketik
Ilustrasi. (Dok.Qualcomm)

KETIK, JAKARTA – Prosesor merupakan salah satu komponen penting yang ada di smartphone. Komponen ini sering juga disebut sebagai otak dari sebuah smartphone, yang bertanggung jawab mengontrol kerja dan fungsinya.

Qualcomm Snapdragon merupakan dalah satu produsen Prosesor smartphone terkemuka didunia baru saja merilis salah satu produk terbarunya. 

Pada Mei 2022 lalu, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini merilis sepasang mobile platform, dan salah satunya adalah Snapdragon 7 Gen 1.

Tak lama berselang, kini Qualcomm ingin melanjutkan seri Snapdragon 7 Gen 1 dengan merilis generasi selanjutnya, yaitu Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2.

Senior Vice President dan General Manager Mobile Handsets Qualcomm, Christopher Patrick menjelaskan "Peluncuran Snapdragon 7+ Gen 2 menggambarkan kemampuan kami dalam menghadirkan beberapa fitur unggulan yang paling banyak diminati ke dalam seri Snapdragon-7 kami sehingga membuatnya dapat diakses oleh lebih banyak orang," kata Patrick

Sebagai selayaknya produk baru Qualcomm menjanjikan peningkatan performa untuk Snapdragon 7 Gen 2. Peningkatan ini tentu saja mencakup segi fotografi dan videografi, AI, konektivitas, hingga gaming.

Dari segi CPU, Snapdragon 7+ Gen 2 dibekali dengan Qualcomm Kryo yang baru. CPU Kryo ini menawarkan peningkatan performa lebih dari 50 persen dengan clock speed maksimal 2,91GHz. Sekadar mengingatkan, Snapdragon 7 Gen 1 memiliki clock speed 2,4GHz. Mobile platform ini juga dijamin 13 persen lebih hemat baterai.

Snapdragon 7 Gen 2 akan dilengkap dengan GPU Adreno terbaru yang memberikan performa 2x lipat lebih baik. Snapdragon Elite Gaming di mobile platform ini juga didukung fitur baru, seperti Auto Variable Rate Shading (VRS) sehingga rendering game HP lebih terfokus.

Sedangkan untuk sektor fotografi, prosesor ini memiliki fitur Triple ISP Qualcomm Spectra 18-bit. Dengan begitu, mobile platform ini memampukan kamera HP mengabadikan momen di kondisi mega low light dan menangkap 30 gambar untuk diseleksi menjadi satu foto yang lebih jernih dan berwarna di kondisi redup cahaya.

Snapdragon 7+ Gen 2 juga mendukung videografi HDR staggered dengan exposure 3x lipat dari dua kamera secara bersamaan.

Lalu segi kecerdasan buatan (AI), Qualcomm AI Engine pada prosesor ini memacu performa AI 2x lebih baik dan performance per watt 40 persen lebih andal. Qualcomm Sensing Hub dilengkapi prosesor AI khusus yang mampu mengenali aktivitas pengguna dan mendeteksi pemandangan akustik.

Tidak lupa dari segi konektivitas, prosesor ini sudah mendukung 5G, Snapdragon 7+ Gen 2 didukung Snapdragon X62 5G Modem-RF System dengan kecepatan download 4,4Gbps. Lebih hemat daya, mobile platform ini mendukung jaringan serta frekuensi dan lebar pita yang lebih luas secara global.(*)

Tombol Google News

Tags:

teknologi smartphone Prosesor Qualcomm Snapdragon 7 Gen 2 Performa