PT Sier Dukung Pemprov Jatim Tingkatkan Local Content di Perusahaan Investor Asing

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

31 Mei 2024 04:41 31 Mei 2024 04:41

Thumbnail PT Sier Dukung Pemprov Jatim Tingkatkan Local Content di Perusahaan Investor Asing Watermark Ketik
Direktur Utama PT SIER Didik Prasetiyono, Jumat (31/5/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Upaya Pemprov Jatim melakukan sertifikasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) disambut baik PT Sier. Mereka menyebut upaya tersebut bisa meningkat yang berimplikasi pada ekosistem industri yang baik.

"Implikasinya apa yang nyata bagi kawasan industri. Begitu banyak investor asing yang kemudian masuk membuat pabrik dan mendirikan pabrik di kawasan industri di Indonesia karena untuk memenuhi local content itu," ucap Direktur Utama PT SIER Didik Prasetiyono, Jumat (31/5/2024).

"Jadi dia harus memenuhi sekian persen dari local content-nya maka kalau impor saja tidak bisa," tambahnya.

PT SIER, dijelaskan Didik, telah memberikan contoh bahwa ada investor dari Korea yang membuat pabrik rokok seluas 19 hektar di kawasan industri PIER Rembang Pasuruan. Dan itu sudah membawa implikasi positif termasuk menyerap tenaga kerja.

"Implikasi itu membawa Ekosistem juga ikut masuk, produsen kertas rokoknya, produsen saosnya dan sebagainya itu akan membawa implikasi yang bagus ke kita," pungkasnya.

Hal ini untuk meningkatkan penggunan komponen dalam negeri untuk mendorong industri lokal bisa bersaing dengan mancanegara dan menyerap banyak tenaga kerja. (*)

Tombol Google News

Tags:

pt sier P3DN produk lokal Pemprov Jatim jatim Industri Jatim