Profil R Djoni Sudjatmoko, Pengusaha Sukses Calon Ketum HPN Jatim

Editor: Irwansyah

18 Oktober 2022 14:40 18 Okt 2022 14:40

Thumbnail Profil R Djoni Sudjatmoko, Pengusaha Sukses Calon Ketum HPN Jatim Watermark Ketik
Calon Ketua Umum HPN Jatim R Djoni Sudjatmoko. (Foto: Istimewa)

KETIK, SURABAYA SURABAYA – Siapa tak kenal R Djoni Sudjatmoko? Pengusaha sukses di Malang ini dikenal sebagai sosok dermawan yang aktif di kegiatan-kegiatan sosial kemanusiaan. Kini, Abah Djoni sapaan akrabnya menjadi Calon Ketua Umum Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Jawa Timur.

Berikut profil lengkap Djoni Sudjatmoko, pengusaha property, pariwisata dan food & beverage di Malang:

Abah Djoni lebih senang mengenalkan dirinya sebagai tukang taman. Lahir di Mojokerto, 24 Agustus 1971 silam, Abah Djoni berpengalaman 27 tahun sebagai Pemeriksa Pajak pada Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Berbagai perusahaan dari yang kecil sampai Holding Company pernah ia periksa dan dampingi untuk mengolah keuangan perusahaan dengan baik. Di antaranya adalah PT ADARO, Sinar Mas Grup, Gudang Garam, BTN Pusat, dan lainnya.

Pengalaman puluhan tahun tersebut memperkuat bekal baginya dalam Sistem Pengendalian Internal

(SPI) dan Manajemen Bisnis yang survival. Dari situ juga Abah Djoni memperoleh berbagai circle pergaulan yang luas.

“Sejak tahun 2011 saya mulai merambah di dunia bisnis dan alhamdulillah sampai dengan saat ini saya menjalankan empat perusahaan yang tumbuh dan berkembang serta terlibat dalam berbagai lembaga sosial,” kata Abah Djoni, Selasa (18/10/2022).

Abah Djoni menjadi owner di tiga lini usaha yakni NK Cafe Malang, PT. Garda Bhakti Karya, PT. Indoseed Agri Makmur, dan PT. Garda Ngalam Kastil.

Pengalaman di bidang organisasi tak diragukan lagi. Ia menjadi ASN di DJP tahun 1992-2021. Kini juga menjadi dosen ekonomi dan bisnis di Universitas Islam Malang (UNISMA) dan Dewan Pembina PWI Malang Raya.

Djoni juga aktif sebagai Ketua Dewan Pembina Pemuda Tani Kabupaten Malang, Dewan Pembina Milenial Utas Kabupaten Malang, Dewan Penasihat APERSI Jawa Timur, Bendahara PMI Kota Malang, Ketua Bidang Ekonomi, Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Malang, Wakil Bendahara Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Jawa Timur dan Wakil Ketua LTM NU Kota Malang.

Pada Konferwil HPN Jatim yang akan digelar di Universitas Islam Kadiri (Uniska) Kediri, Rabu (19/10/2022), Abah Djoni menjadi salah satu calon ketua umum bersama dua orang lain yakni Drs. H. Syamsul Hadi, M.Si dan Febrida Astuti.

Dalam pencalonan ini, Abah Djoni siap memperkuat circle kolaborasi pebisnis lintas sektor di Jawa Timur, terutama untuk kalangan pebisnis muda.

Sebagai calon Ketum HPN Jatim, ia merancang visi misi arah pembangunan HPN ke depan. Dalam pandangannya, kolaborasi antar anggota untuk menguatkan perjalanan bisnis merupakan langkah mutlak yang penting.

Sehingga, ia menempatkan visi misi ini di urutan nomor wahid. Kolaborasi perjalanan bisnis ini akan dioptimalkan untuk jangka pendek, menengah dan panjang.

"Saya siap membawa HPN Jatim agar kuat di circle kolaborasi pergaulan para pebisnis, baik di tingkatan provinsi, nasional dan rekan-rekan cabang di Kab/Kota di level daerah tingkat 1 dan 2. Kolaborasi menjadi spirit penguat kami," katanya.

Selain itu, ia akan menyiapkan standarisasi dan sertifikasi produk yang bertaraf nasional dan internasional. Upaya ini mempermudah pelaku bisnis kaum nahdliyin untuk melebarkan pemasaran produknya hingga tembus pasar ekspor.

"Selanjutnya yang tak kalah penting juga, adalah membangun jejaring pasar pada tingkat nasional dan internasional," ucapnya.

Lebih lanjut, Abah Djoni menyiapkan HPN Jatim yang aktif menggelar kegiatan produktif untuk pengurus dan masyarakat umum, khususnya kaum nahdliyin.

Salah satu langkah yang diambil adalah menyelenggarakan pameran produk yang berdaya dan berorientasi pada terwujudnya pasar di level Dati 1 dan 2, nasional, hingga internasional.

Ia pun akan memperkuat dan menjaring program-program pemerintah pusat dan daerah untuk bisa bekerjasama dengan HPN. HPN Jatim akan terus aktif mewujudkan MOU dengan berbagai lembaga pemerintah pusat dan daerah ataupun swasta, lanjut kepada project-project real yang bisa dikerjasamakan dengan para anggota HPN.

Terakhir, komitmen Abah Djoni jika terpilih sebagai Ketum HPN Jatim ia akan memperbaiki database anggota. Saat ini sudah ada aplikasi yang dapat diakses pada laman https://hpnjawatimur.id/.

"Website ini akan kita lengkapi dan sempurnakan sehingga memberikan gambaran kesiapan para anggota HPN untuk bekerjasama di seluruh bidang usaha," paparnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

R Djoni Sudjatmoko Ketum HPN Jatim HPN Jatim