ESMOD Jakarta Kembangkan Tren Fashion Ramah Lingkungan Lewat Sweater Rework

Jurnalis: Irwansyah
Editor: Naufal Ardiansyah

19 Juni 2024 14:40 19 Jun 2024 14:40

Thumbnail ESMOD Jakarta Kembangkan Tren Fashion Ramah Lingkungan Lewat Sweater Rework Watermark Ketik
Para mahasiswa ESMOD Jakarta menunjukkan hasil karya sweater rework yang ramah lingkungan. (Foto: ESMOD Jakarta for Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Dalam upaya mendukung tren fashion ramah lingkungan, ESMOD Jakarta memperkenalkan proyek inovatif bagi mahasiswa desain mode. Proyek sweater rework ini merupakan bagian dari kurikulum tahun pertama yang tidak hanya mengajarkan dasar-dasar desain mode, tetapi juga mendorong kreativitas mahasiswa melalui pendekatan sustainability.

Para mahasiswa di ESMOD Jakarta diajak untuk mengembangkan kreativitas mereka melalui berbagai proyek menarik yang berkaitan dengan fashion ramah lingkungan dalam kurikulum tahun pertama.

Baru-baru ini, telah berlangsung proyek sweater rework yang melibatkan para mahasiswa ESMOD Jakarta dalam perjalanan kreatif untuk mengubah sweater bekas menjadi sebuah karya baru yang inovatif.

Selain mewajibkan para mahasiswa ESMOD Jakarta menggunakan sweater bekas yang mereka punya, proyek ini juga menghadirkan sentuhan desain yang unik dan kreatif.

Selama tiga minggu, para mahasiswa ESMOD Jakarta menguji keterampilan mereka dalam membuat creative fabric dengan cara yang unik dan menarik.

Mereka juga diminta untuk menggabungkan berbagai teknik serta menciptakan tema untuk diangkat pada koleksinya agar hasil karya mereka nantinya menjadi semakin menarik dan bermakna.

Dalam proses ini, mereka tidak hanya belajar tentang teknik dasar seperti memotong dan menjahit, tetapi juga teknik lanjutan seperti penggabungan berbagai tekstur, pewarnaan, dan bahkan penggunaan elemen dekoratif.

Setiap tahap proyek ini diawasi oleh dosen ESMOD Jakarta yang memberikan saran dan arahan untuk memastikan setiap mahasiswa ESMOD Jakarta mendapatkan pengalaman belajar yang maksimal.

Para mahasiswa ESMOD Jakarta menggunakan sweater bekas yang mereka miliki. Selanjutnya, mereka mulai membuat konsep baru untuk desain sweater mereka sesuai keinginan masing-masing. Mereka menggunakan teknik-teknik yang telah mereka pelajari dalam kelas serta mendapat panduan dari dosen ESMOD Jakarta.

Setelah memiliki konsep yang jelas, mereka kemudian masuk ke tahap pengembangan desain. Tantangan yang diberikan kepada mereka yaitu mereka harus menciptakan 5 looks yang berbeda. Dari ke-5 looks tersebut, mereka akhirnya memilih satu desain untuk diubah menjadi karya nyata.

Dalam proyek ini para mahasiswa ESMOD Jakarta berusaha untuk memahami karakteristik dari bahan yang ada dan mencari cara supaya bisa mengubahnya menjadi suatu hal yang baru dan menarik.

Selain itu, mereka mendalami keterampilan teknis seperti memotong, menjahit, dan memberikan sentuhan akhir yang diperlukan agar sweater rework mereka terlihat luar biasa.

Tidak hanya itu, mereka juga diajak untuk mempertimbangkan aspek fungsionalitas dan kenyamanan dalam setiap desain yang mereka buat, memastikan bahwa produk akhir tidak hanya bagus secara tampilan tetapi juga nyaman untuk dikenakan.

"Proyek sweater rework di ESMOD Jakarta bertujuan menanamkan kesadaran akan sustainable fashion kepada para mahasiswa dengan mengubah sweater bekas menjadi karya baru yang inovatif. Melalui proyek ini, para mahasiswa ESMOD Jakarta tidak hanya mengasah keterampilan secara teknik seperti memotong dan menjahit, tetapi juga didorong untuk berpikir kreatif dan solutif dalam menghadapi tantangan lingkungan. Saya berharap pengalaman ini akan membekali mereka dengan nilai-nilai sustainability yang dapat diterapkan dalam karier masa depan mereka di industri fashion," ungkap Nathalia Gunarian selaku Academic Program Manager ESMOD Jakarta.

Setelah selesai, hasil sweater baru yang mereka buat benar-benar menunjukkan kreativitas yang mereka miliki dan kemampuan desain mereka yang terus berkembang.

Kemudian, mereka juga mengenakan sweater rework hasil karya mereka masing-masing untuk didokumentasikan bersama saat proyek kelas tersebut telah selesai. Mulai dari awal hingga akhir, perjalanan proyek sweater rework telah menginspirasi dan memperdalam pengetahuan para mahasiswa ESMOD Jakarta dalam bidang desain mode. (*)

Tombol Google News

Tags:

Esmod Jakarta Sweater Rework Tren Fashion Ramah Lingkungan