Pj Ketua PKK Jatim Ajak Emak-Emak Tanam Cabai dan Toga di Pekarangan Rumah

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

5 Maret 2024 01:18 5 Mar 2024 01:18

Thumbnail Pj Ketua PKK Jatim Ajak Emak-Emak Tanam Cabai dan Toga di Pekarangan Rumah Watermark Ketik
Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Prov. Jatim Isye Adhy Karyono menanam bibit cabai di polibag sebelum nantinya ditanam di pekarangan rumah, Senin (4/2/2024). (Foto: Humas Jatim)

KETIK, SURABAYA – Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Jatim Isye Adhy Karyono mengajak seluruh kader PKK atau emak-emak di kabupaten/kota memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam cabai hingga tanamam obat-obatan keluarga (toga). Hal ini bisa memberikan banyak manfaat baik secara pribadi, maupun keluarga. Pasalnya, tanaman ini dapat meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga jika dikelola dengan baik.

"Kalau kita memiliki tanaman cabai di pekarangan rumah bisa menambah pemasukan ataupun pendapatan ekonomi keluarga," ucap Isye Adhy Karyono, Senin (4/3/2024).

Dalam peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK, dirinya mengajak ibu-ibu menanam cabai. "Menanam cabai yang diinisiasi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam rangkaian peringatan HKG PKK ini dimaksudkan untuk memanfaatkan pekarangan dan sebagian lahan rumah," ucapnya.

Pihaknya menyebut cabai tidak bisa lepas dari kebutuhan masyarakat sehari hari. Cabai merupakan salah satu bumbu maupun sayuran pelengkap sebuah masakan bagi masyarakat Jawa Timur.

"Saya termasuk orang yang tidak bisa lepas dari cabai maupun olahan cabai sehari-hari sebelum makan," sebutnya.

Isye menilai menanam cabai merupakan cara yang paling mudah dalam merawat tumbuhan yang digolongkan sebagai sayuran ataupun bumbu. Pembudidayaan cabai dapat dilakukan dengan baik dan menguntungkan bila diterapkan secara tepat.

"Karena manfaatnya banyak, saya mengimbau kepada kader PKK untuk menanam cabai dan menanam sayuran lainnya sehingga hasilnya bisa kita manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari dan tambahan pemasukan ekonomi keluarga," tutupnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

PKK PKK Jatim Pj Gubernur Jatim Pj ketua PKK Jatim Jawa timur