Peringatan HLUN di Kota Batu, Lansia Diajak Senam Hingga Talkshow

Jurnalis: Sholeh
Editor: Moch Khaesar

20 Juni 2023 14:15 20 Jun 2023 14:15

Thumbnail Peringatan HLUN di Kota Batu, Lansia Diajak Senam Hingga Talkshow Watermark Ketik
Suasana talkshow memperingati Hari Lanjut Usia Nasional di halaman timur Balaikota Among Tani Kota Batu, Selasa (20/06/2023). (Foto: Diskominfo Kota Batu)

KETIK, BATU – Ratusan lansia Kota Batu mengikuti talkshow di halaman timur Balaikota Among Tani Kota Batu, Selasa (20/06/2023). Acara tersebut dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2023.

Selain talkshow, lansia juga diajak senam bersama dan melakukan pemeriksaan kesehatan dalam acara yang diinisiasi oleh Dinas Kesehatan bersama Dinas Sosial Kota Batu tersebut.

Kepala Dinas Sosial Kota Batu, Ririk Mashuri, mengatakan, kegiatan kali ini berfokus pada pelayanan kepada lansia. Yaitu melalui kegiatan talkshow dengan tema Gerakan Pengendalian Penyakit Tidak Menular pada Lansia di Kota Batu.

“Peringatan ini menjadi salah satu bentuk penghormatan kepada lansia. Kami berupaya untuk memberikan pengetahuan dan pelayanan kesehatan kepada lansia yang ada di Kota Batu,” ujarnya.

Sebagai bentuk apresiasi, dalam kegiatan itu juga dibagikan doorprize kepada para peserta. Diharapkan, hadiah-hadiah tersebut memberikan semangat dan kebahagiaan di peringatan Hari Lanjut Usia Nasional.

Sementara, pemeriksaan kesehatan yang diberikan antara lain pengukuran tekanan darah dan gula darah. Serta pemeriksaan lainnya untuk mendeteksi dini risiko penyakit tidak menular. 

"Hal ini sangat penting dalam upaya pencegahan dan pengelolaan kesehatan lansia. Sesuai tema Hari Lanjut Usia Nasional tahun ini yakni Lansia Terawat Indonesia Bermartabat," tambah Ririk.

di tempat yang sama, Staf Ahli, Agoes Machmoedi yang hadir mewakili Pj. Wali Kota Batu menambahkan, bahwa kesehatan menjadi hal penting bagi lansia. Menurutnya, tubuh yang sehat akan mendukung aktifitas sehari-hari, sehingga tetap produktif di usia lanjut.

“Kesehatan memiliki arti penting bagi lansia. Lansia memiliki peran yang luar biasa. Dengan tetap sehat, maka tubuh bisa beraktifitas dengan baik dan tetap bisa produktif,” tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Hari Lanjut Usia Nasional Kota Batu Berita hari ini Jawa timur lansia