Penyebab Munculnya Jerawat Pada Payudara

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

16 Desember 2023 23:23 16 Des 2023 23:23

Thumbnail Penyebab Munculnya Jerawat Pada Payudara Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Jerawat biasanya muncul di area wajah sehingga dapat mengganggu penampilan. Namun tahukah kamu selain wajah ternyata jerawat dapat tumbuh di bagian tubuh lain, salah satunya payudara.

Bagi wanita, tumbuhnya jerawat di area payudara merupakan masalah yang cukup sering dialami. Sama dengan jerawat di wajah, tinbulnya jerawat di payudara dapat memunculkan perasaan tidak nyaman. Jerawat tersebut bahkan bisa menimbulkan rasa sakit bila sampai mengalami peradangan.

Berikut ini berbagai penyebab munculnya jerawat di payudara, simak ulasanya:

1. Faktor genetik

Hal pertama yang menjadi penyebab munculnya jerawat di payudara adalah faktor genetik. Jika seseorang memiliki riwayat keluarga dengan masalah jerawat di payudara wanita, kemungkinan mereka juga rentan terhadap kondisi serupa.

Hal ini lantaran kondisi genetik memengaruhi jenis kulit, seperti kulit berminyak atau kering, yang juga berkontribusi pada munculnya jerawat.

2. Pola makan

Hal selanjutnya yang menjadi penyebab adalah pola makan yang tidak sehat. Seperti yang kita ketahui, bahwa pola makan sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan seseorang.

Begitu pun dengan jerawat di payudara yang dapat dipicu oleh kandungan yang ada dalam makanan. Contohnya, konsumsi karbohidrat olahan dan makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan risiko jerawat.

3. Stres

Kondisi seseorang yang sedang stres tenyata dapat memengaruhi produksi hormon di dalam tubuh. Stres dapat memengaruhi kelenjar yang memproduksi banyak minyak.

Akibatnya produksi minyak wajah akan semakin banyak sehingga menyebabkan kulit rentan terkena jerawat terutama di area payudara.

4. Ketidakseimbangan hormon

Perubahan kadar honmon dalam tubuh, dapat memengaruhi produksi minyak pada tubuh. Salah satunya hormon androgen, yang dapat memicu kelenjar minyak untuk memproduksi minyak secara berlebihan, yang kemudian dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat, termasuk di area payudara wanita.

5. Keringat berlebihan

Keringat yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori di area payudara sehingga dapat memicu munculnya jerawat. Hal ini karena pori-pori yang tersumbat dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri penyebab jerawat.

Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kebersihan tubuh agar jerawat tidak muncul di area payudara.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan payudara Jerawat kebersihan genetik minyak berlebih