Pencari Konten Horor Wajib Tahu, Ini Daftar 7 Tempat Angker di Surabaya

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

18 Mei 2024 12:46 18 Mei 2024 12:46

Thumbnail Pencari Konten Horor Wajib Tahu, Ini Daftar 7 Tempat Angker di Surabaya Watermark Ketik
Potret Gedung Setan zaman dahulu. (Foto: Google Maps)

KETIK, SURABAYA – Di media sosial tengah ramai dengan konten-konten horor hingga para penonton yang melihatnya langsung merinding karena terlihat jelas penampakan yang berhasil terekam kamera.

Bicara tentang horor, ada beberapa tempat di Surabaya yang terkenal angker dan memiliki cerita mistis.

Berikut Daftar 7 Tempat Angker di Surabaya:

1. Delta Plaza Surabaya

Delta Plaza atau dikenal sebagai Surabaya Plaza dibuka pada tahun 1992, terakhir renovasi pada tahun 2016 yang menambahkan food court.

Awalnya tempat ini adalah Rumah Sakit Simpang sekitar tahun 1800-1900. RS itu bernama Centrale Burgerlijke Ziekeninrichting (CBZ), rumah sakit ini sipil atau umum.

Rumah Sakit Simpang dibangun atas perintah Gubernur Jenderal Daendels pada tahun 1820.

Rumah sakit ini digunakan untuk penampungan korban perang 10 November 1945. Hal ini semakin menambah horor tempat ini.

2. Hotel Majapahit

Hotel yang terletak di jantung Kota Surabaya ini memiliki kisah sejarah yang panjang, dulunya hotel ini bernama Hotel Oranje.

Hotel Majapahit tidak hanya menyimpan kisah perobekan bendera Belanda pada 19 September 1945, namun hotel bintang 5 ini memiliki kisah horor yang lain.

3. Museum Kesehatan

Museum kesehatan di Kota Surabaya terletak di Jalan Dr. Adhyatama, MPH sebenarnya telah berdiri sejak tahun 1990, namun diresmikan 2004.

Julukan yang melekat di museum ini adalah museum santet, karena juga menyimpan koleksi benda-benda kesehatan misalnya mulai seragam perawat hingg alat-alat medis mulai dari alat kesehatan modern hingga alat kesehatan tradisional berbau klenik.

Alat-alat ini didapat dari berbagai sumber, misalnya dari dukun hingga korban santet.

Karena itu lah, museum ini patut dikunjungi bagi pencinta tantangan, khususnya bagi konten kreator horor.

4. Penjara Kalisosok

Mengutip Intisari, penjara Kalisosok dibangun pada 1750 oleh pemerintahan kolonial Belanda. Tahun 1845 penjara tersebut lantas diperluas dengan menambah 12 ruangan baru. Lima tahun diperluas, 1850 penjara Kalisosok kembali beroperasi.

Beberapa cerita mistis juga menyebar di lingkungan Penjara Kalisosok, penampakan terlihat saat malam hari misalnya suster dan dokter masuk ke area bekas Penjara Kalisosok ini.

5. Makam Belanda Peneleh

Makam kuno itu memiliki bentuk yang cukup unik dan menarik. Sebuah patung berbentuk malaikat yang bersayap setinggi sekitar 1,5 meter tampak menghiasi bagian atasnya.

Ada juga ornamen berbentuk rangkaian bunga menghiasi tulisan pada nisan makam tersebut. Tulisan itu dalam bahasa Belanda yang berisi informasi tentang jenazah  yang berada di dalam makam itu.

Tertarik untuk berkunjung saat malam hari?

6. Gedung Setan

Rumah ini disebut masyarakat adalah Gedung Setan yang bertepat di Banyu Urip Wetan, pada siang hari gedung ini sudah sangat seram, besar dan angker. Apalagi saat malam hari akan semakin membuat bulu kuduk merinding.

Gedung ini dulunya adalah bekas kantor Gubernur VOC di Jawa Timur yang berdiri sejak 1809. Setelah VOC bangkrut gedung ini milik Dokter Teng Sioe Hie.

7. Bekas Pabrik Padi Ketintang

Pegiat Sejarah Surabaya Nur Setiawan mengatakan pabrik penyelepan padi di Ketintang sudah ada sejak akhir abad 19. Menurutnya, pabrik padi ini hanya beroperasi sampai tahun 1960-an dan tutup tanpa sebab yang jelas.

Sehingga selama tutup eks pabrik penyelepan padi di Ketintang dijadikan gudang dan dibiarkan mangkrak. Namun awal tahun 2000-an pabrik itu dirobohkan dan bekas lahan tersebut didirikan perumahan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Tempat horor surabaya tempat angker surabaya konten horor delta plaza Hotel Majapahit Gedung Setan museum kesehatan museum santet penjara kalisosok makam belanda peneleh Surabaya Mistis