Pemprov Jatim Raih Dua Penghargaan Kearsipan Sekaligus

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

1 Juni 2024 02:10 1 Jun 2024 02:10

Thumbnail Pemprov Jatim Raih Dua Penghargaan Kearsipan Sekaligus Watermark Ketik
Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan Andi Kasman dan Pj Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono di Jakarta, Jumat (31/5/2024). (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, SURABAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur kembali berhasil meraih penghargaan. Kali ini terkait menyelamatkan, melestarikan dan memelihara kekayaan arsip budaya dan sejarah yang berharga yang memiliki nilai signifikansi di skala nasional, Asia Pasific, bahkan dunia.

Selain itu, Pemprov Jatim juga ditahbiskan sebagai pemerintah daerah provinsi terbaik keempat nasional dengan kategori AA atau sangat memuaskan berdasarkan hasil pengawasan kearsipan Tahun 2023.

Penghargaan ini diberikan saat Puncak Peringatan Hari Kearsipan ke-53 Tahun 2024 yang dirangkai dengan Rakornas Kearsipan Tahun 2024 (31/5/2024).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Plt Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto dan Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan Andi Kasman kepada Penjabat (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono yang diwakili Pj Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono.

Penghargaan MOWCAP ini diberikan sebagai pengakuan atas komitmen Pemprov Jatim. Dalam hal ini, Pemprov Jatim mendokumenter arsip Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) yang berlokasi di Kota Pasuruan.

"Pemberian penghargaan ini menjadi momentum penting bagi Provinsi Jatim untuk terus bergerak maju dalam upaya pelestarian dan pengembangan kekayaan arsip budaya," ujar Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono, Jumat (31/5/2024).

"Dengan kerja sama lintas sektor dan dukungan masyarakat, kami yakin Jatim akan mampu menjaga warisan sejarah bagi generasi mendatang," tambahnya.

Tidak hanya itu, Adhy juga mengapresiasi seluruh elemen kearsipan Provinsi Jatim yang terlibat dalam proses penyelamatan, akuisisi, preservasi, alih media, restorasi, diseminasi hingga layanan arsip yang selama ini telag dilakukan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pemprov Jatim Jawa timur jatim Pj Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono Kearsipan Unesco Bobby Soemiarsono