Pelindo III Prediksi Terjadi Kenaikan 15 Persen Pemudik Tahun Ini

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Moch Khaesar

6 April 2023 12:45 6 Apr 2023 12:45

Thumbnail Pelindo III Prediksi Terjadi Kenaikan 15 Persen Pemudik Tahun Ini Watermark Ketik
Gedung Pelindo III.(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Menyambut musim mudik lebaran tahun 2023, Pelindo Regional III memprediksi akan terjadi lonjakan kenaikan penumpang sebanyak 15 persen dibandingkan tahun lalu. Mereka pun menginstruksikan kepada para stakeholder untuk mengantisipasi kenaikan tersebut.

Regional Head Pelindo III Ardhy Wahyu Basuki mengatakan kenaikan ini karena kasus pandemi Covid-19 yang sudah menuju endemi. Sehingga masyarakat yang sebelumnya tidak dapat pulang karena kebijakan pembatasan, pada tahun ini berbondong bondong akan melakukan perjalanan ke kampung halaman.

"Kenaikan ini disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi nasional pasca pandemi serta penambahan masa libur dan cuti bersama idul fitri oleh pemerintah," ujar Ardhy.

Banyak persiapan yang telah pihaknya lakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para pemudik nanti. Seperti memastikan alur layanan terminal, perbaikan infrastruktur, serta peningkatan pelayanan untuk memastikan kelancaran proses bongkar muat barang dan penumpang di pelabuhan.

"Kami telah memprediksi akan adanya kenaikan penumpang melalui beberapa analisa, dan kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pengguna jasa pelabuhan, khususnya pada momen lebaran yang menjadi momen penting bagi masyarakat Indonesia," tambahnya.

Ada beberapa pelabuhan yang akan mendapatkan perhatian khusus oleh pihak Pelindo III antara lain seperti Pelabuhan Tanjung Perak, Tanjung Emas, Kupang, Kumai dan Lembar. Hal ini karena kelima pelabuhan tersebut menjadi primadona bagi para pemudik untuk melakukan perjalanan ke kampung halaman.(*)

Tombol Google News

Tags:

Arus Mudik Pelabuhan pelindo III persiapan Lonjakan penumpang Tanjung perak tanjung emas