Patung Maskot Pilkada Jawa Timur Digarap Seniman Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

21 Agustus 2024 11:25 21 Agt 2024 11:25

Thumbnail Patung Maskot Pilkada Jawa Timur Digarap Seniman Kota Batu Watermark Ketik
Agus menunjukkan Patung Maskot Pilkada Jawa Timur yang telah selesai. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Patung maskot Pilkada Jawa Timur 2024 Si Jali (Jatim Memilih) salah satunya dibuat oleh Agus Rujito seniman Kota Batu.

Selain itu, pria asli Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu itu telah menyelesaikan beberapa pesanan patung maskot Pilkada. Di antaranya pesanan dari KPU kota Kediri, Nganjuk, dan Blitar.

"Sekarang saya sedang menyelesaikan pesanan dari KPU Mojokerto," katanya, Rabu (21/8/2024).

Agus baru pertama kalinya mendapatkan pesanan patung maskot Pilkada. Sebelumnya, ia membuat patung pesanan dari kalangan swasta. Sedangkan, patung maskot Pilkada rata-rata memiliki tinggi 170 cm.

"Masing-masing pesan 2 patung yang saya kerjakan selama dua minggu. Katanya maskot ini untuk keperluan Kirab," tambahnya.

Foto Deretan Patung Maskot Pilkada Nganjuk yang digarap Agus. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)Deretan Patung Maskot Pilkada Nganjuk yang digarap Agus. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

Menurut Agus, KPU Kabupaten Kediri yang pertama kali pesan patung maskot Pilkada. Kemudian, merembet dari mulut mulut ke mulut hingga membuat patung Maskot Pilkada Jawa Timur.

"Yang Kediri katanya tahu karya saya dari Google. Kemudian memesan dan cocok. Akhirnya daerah lain juga ikut pesan," ujarnya.

Agus dikenal sebagai ahli pembuat patung berbahan fiber. Saat ini, ia juga sedang mengerjakan pesanan patung hewan dari wisata yang berkonsep peternakan.

Agus memiliki latar belakang sebagai seorang seniman lukis yang telah banyak menghasilkan karya.

Kenekatan membuat patung muncul saat ia menerima pesanan dari Jatim Park 1. Ia mengakui, dari situlah ia belajar membuat patung terutama patung berbahan fiber.

"Basic saya seniman lukis. Untuk membuat patung saya belajar dari teman teman. Lihat acuan dari teman dan buku. di Jatim Park itu saya sambil belajar mengenal patung berbahan fiber," jelasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Agus Rujito Maskot Pilkada Pilkada Jawa Timur Seniman patung