Para Pemimpin ASEAN Sudah Berdatangan di Labuan Bajo

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Marno

9 Mei 2023 10:18 9 Mei 2023 10:18

Thumbnail Para Pemimpin ASEAN Sudah Berdatangan di Labuan Bajo Watermark Ketik
Penyambutan kedatangan PM Timor Leste Taur Matan Ruak di Bandara Komodo, Labuan Bajo, NTT, Selasa (9/5/2023). (Foto: asean2023.id)

KETIK, MANGGARAI BARAT – Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo RI) Johnny G Plate menyambut kedatangan Perdana Menteri Timor Leste, Taur Matan Ruak, yang tiba di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (9/5/2023) pukul 13.55 WITA.

Taur Matan Ruak tiba di Labuan Bajo dengan menggunakan pesawat AERO Dili Timor Leste. Setiap kedatangan para delegasi negara anggota ASEAN maupun para Perdana Menteri disambut tarian-tarian khas Kabupaten Manggarai Barat, yakni tari Tiba Meka.

Tari Tiba Meka merupakan tarian khas dari masyarakat Manggarai, NTT. Berdasarkan tradisi, Tiba Meka merupakan tarian menyambut tamu agung di setiap Kampung di Manggarai.

Foto PM Malaysia Anwar Ibrahim tiba di Labuan Bajo, Selasa (9/5/2023). (Foto: asean2023.id)PM Malaysia Anwar Ibrahim tiba di Labuan Bajo, Selasa (9/5/2023). (Foto: asean2023.id)

Tarian ini dikemas dari tradisi asli adat budaya masyarakat ketika menerima tamu dengan hati bersih dan suci.

Tarian Tiba Meka diambil dari tradisi orang Manggarai saat menerima tamu, yang tetap mempertahankan nilai-nilai lokal yang luhur dan mengedepankan kekeluargaan.

Usai disambut tarian Tiba Meka, rombongan Perdana Menteri Timor Leste langsung meluncur ke hotel tempatnya menginap dengan diiringi Polisi Militer.

Selanjutnya, sekitar pukul 15.50 Wita, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim juga telah tiba di Labuan Bajo, NTT untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN. Anwar Ibrahim didampingi sang istri Wan Azizah Wan Ismail.

Foto PM Laos Sonexay Siphandone tiba di Labuan Bajo, Selasa (9/5/2023). (Foto: asean2023.id)PM Laos Sonexay Siphandone tiba di Labuan Bajo, Selasa (9/5/2023). (Foto: asean2023.id)

Anwar langsung disambut Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI) Budi Karya Sumadi. Sambil diiringi musik dan tarian tradisional, Anwar langsung menuju ke mobil untuk selanjutnya ke lokasi menginap selama acara KTT ASEAN.

Setelah menyambut PM Malaysia, Menhub RI juga menyambut kedatangan Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone. Sama seperti tamu-tamu yang lainnya, kedatangan PM Sonexay Siphandone juga diiringi tarian Tiba Meka dan selanjutnya diantar ke lokasi KTT ASEAN.(*)

Tombol Google News

Tags:

KTT ASEAN Labuan Bajo