NBA Finals Dimulai Pagi Ini! antara Rekor dan Kerinduan Juara

Jurnalis: Samsul HM
Editor: M. Rifat

7 Juni 2024 02:39 7 Jun 2024 02:39

Thumbnail NBA Finals Dimulai Pagi Ini! antara Rekor dan Kerinduan Juara Watermark Ketik
Boston Celtics vs Dallas Mavericks bentrok di NBA Finals 2024 (7/6/2024) (Foto: NBA.com)

KETIK, JAKARTA – Fans NBA kencangkan ikat pinggang anda! Pagi ini partai puncak alias NBA Finals 2024 antara Boston Celtics kontra Dallas Mavericks resmi dimulai.

Final dengan format best of seven ini memulai game pertamanya di TD Garden, markas Celtics (tip off pukul 07.30 WIB).

Kedua tim sama-sama memiliki misi penting. Celtics memburu gelar ke-18 mereka sepanjang sejarah franchise tersebut berdiri sejak 1946.

Jika itu berhasil mereka wujudkan, Jayson Tatum cs memecahkan rekor NBA sebagai tim dengan gelar juara terbanyak dalam sejarah.

Sebanyak 17 trofi Larry O’Brien yang mereka miliki saat ini jumlahnya masih sama dengan milik Los Angeles Lakers.

“NBA Finals itu sama saja dengan babak-babak yang telah kami lewati,” ucap Joe Mazzulla, head coach Celtics.

“Seri reguler, preseason, dan di laga playoff sebelum. Kini semua tinggal bagaimana kami mengeksekusinya,” tambahnya dilansir Givemesport.

Mazzulla menyebut timnya lebih siap karena pengalaman final di 2022. Saat itu Celtics tumbang di partai puncak dengan skor 2-4 atas Golden State Warriors.

“Pengalaman di 2022 sangat berharga. Kini kami datang dengan sudah tahu caranya bagaimana untuk menang,” tambahnya.

Di final ini Jayson Tatum cs mencoba memberikan gelar pertama untuk Celtics sejak kali terakhir franchise tersebut meraihnya pada 2008.

“Beban itu jelas ada. Ini NBA Finals. Tapi kami kan mencoba menikmati setiap pertandingan,” jelas small forward top skor Celtics tersebut.

Di lain sisi, Mavericks datang dengan berburu gelar kedua mereka sepanjang sejarah franchise. Satu-satunya gelar yang mereka raih sebagai juara NBA terjadi pada 2011 silam. Itu juga menjadi kali terakhir mereka tampil di final sebelum tahun ini.

Aroma kerinduan mendapat gelar makin memuncak di skuad Mavericks. Itu karena head coach mereka Jason Kidd juga merupakan bagian dari skuad juara Mavericks 13 tahun silam tersebut.

“13 tahun silam atau saat ini kami sama-sama bukan tim favorit meraih gelar juara. Membalikkan semua prediksi tersebut adalah tantangan yang mengasyikkan. Aku ingin melakukan itu lagi untuk kali kedua. Kali ini sebagai pelatih,” ucap Kidd.

Mavericks jelas akan mengandalkan bintang utama mereka Luka Doncic. Sokongan dari point guard Kyrie Irving juga krusial.

Pengalaman juara Irving bersama Cleveland Cavaliers pada 2016 akan membimbing Doncic cs menghadapi Celtics yang lebih diunggulkan menjadai juara tahun ini.

“Ini pengalaman pertamaku menjalani NBA Finals. Aku hanya ingin menikmati setiap momennya,” ucap Doncic dilansir ABC Sports. (*)

Tombol Google News

Tags:

Final NBA 2024 Boston Celtics Dallas Mavericks