Meriahkan Surabaya Vaganza, Pelindo Regional 3 Hadirkan Jembatan Petekan Setinggi 4,4 Meter

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

27 Mei 2024 05:09 27 Mei 2024 05:09

Thumbnail Meriahkan Surabaya Vaganza, Pelindo Regional 3 Hadirkan Jembatan Petekan Setinggi 4,4 Meter Watermark Ketik
Jembatan Petekan setinggi 4,4 meter tampak cantik dengan hiasan bunga berwarna kuning. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 3 ikut ambil bagian dalam perhelatan Surabaya Vaganza yang digelar untuk memperingati Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) pada Minggu (26/5/2024).

Pada event tahun ini, Pelindo Regional 3 menghadirkan Jembatan Kuno Petekan yang merupakan peninggalan pada masa kolonial Belanda. Dengan tinggi 4,4 meter, miniatur Jembatan Petekan terlihat mencolok dengan hiasan bunga petik segar impor dan lokal.

Senior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 3 Karlinda Sari mengatakan, Jembatan Petekan atau yang dahulu dinamai Ferwerda Brug merupakan cagar budaya Kota Surabaya yang dahulu beroperasi sekitar tahun 1939 sebagai gerbang kanal transportasi air antara Sungai Kalimas dengan kawasan Pelabuhan Tanjung Perak.

"Konsep mengangkut miniatur Jembatan Petekan terinspirasi dari kawasan Kota Lama Surabaya, yang terletak tak jauh dari Pelabuhan Tanjung Perak," jelasnya Minggu (26/5/2024).

"Kawasan Kota Lama Surabaya, termasuk Jembatan Petekan dengan Pelabuhan Tanjung Perak merupakan suatu kesatuan warisan sejarah yang harus dijaga kelestariannya," imbuhnya.

Foto Mobil hias Pelindo Regional 3 yang meriahkan gelaran Surabaya Vaganza. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Mobil hias Pelindo Regional 3 yang meriahkan gelaran Surabaya Vaganza. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Setelah sekian lama, kawasan Tanjung Perak kini berkembang menjadi salah satu tujuan kapal pesiar internasional untuk bersandar. Pada periode Oktober 2022 hingga November 2023 tercatat ada 10 kunjungan cruise yang sandar.

Bahkan untuk tahun 2024 ini, tercatat sudah ada pengajuan dari 14 cruise untuk sandar dan membawa ribuan turis internasional.

Bahkan tidak sedikit di antara turis cruise tersebut yang ketika bersandar di pelabuhan, mereka menyempatkan berjalan-jalan menikmati pemandangan sudut-sudut arsitektur zaman dulu di Kota Surabaya.

"Dari utara di Surabaya North Quay Pelabuhan Tanjung Perak, kemudian menyusuri Kawasan Kota Lama hingga ke shopping street and mall di area Tunjungan," tambahnya.

Oleh sebab itu, penataan kawasan Kota Lama yang saat ini tengah dilakukan Pemerintah Kota Surabaya menjadi sangat penting, karena tidak hanya mengingatkan akan sejarah Kota Pahlawan, tetapi juga sebagai objek wisata yang bisa mendongkrak perekonomian.

"Revitalisasi Kota Lama Surabaya sangat berpotensi menjadi pemicu rute atau paket wisata yang lengkap di Kota Surabaya," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Surabaya Vaganza HJKS Pelindo Regional 3 Pemkot Surabaya Jembatan Petekan Kasawan Kota Lama Pelabuhan Tanjung Perak