Manfaatkan AI, Google Maps Luncurkan Beragam Fitur Baru

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

8 Desember 2023 23:13 8 Des 2023 23:13

Thumbnail Manfaatkan AI, Google Maps Luncurkan Beragam Fitur Baru Watermark Ketik
Ilustrasi penggunaan Google Maps. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para penggunanya, aplikasi peta buatan Google yakni Google Maps akan meluncurkan sejumlah fitur baru. Fitur baru tersebut akan memudahkan user dalam menggunakan Google Maps dalam menemukan rute terbaik saat bepergian.

Dengan memanfaatkan artificial intelligence (AI) user Google Maps tidak hanya akan menemukan lokasi yang dituju tetapi juga sekaligus melihat website, nomor telepon, dan ulasan dari suatu tempat atau bisnis. 

Melansir dari laman resmi Google, saat ini terdapat 5 fitur baru yang disematkan pada aplikasi Google Maps. Untuk saat ini fitur tersebut baru dapat dinikmati oleh sebagian user di beberapa negara. Ke depannya fitur ini direncanakan dapat dinikmati secara global.

Immersive View

Fitur Immersive View ini memiliki fungsi untuk menampilkan pratinjau rute atau jalan yang akan dilalui. Dengan menggunakan AI, fitur ini akan menampilkan setiap rute secara spesifik, sehingga bisa lebih mudah memperkirakan kondisi arus lalu lintas saat sedang melewatinya.

Fitur ini memberikan banyak tampilan jalan dan gambar yang digabungkan, sehingga pengguna dapat mengetahui tempat atau bangunan terkenal yang akan dilaluinya.

Untuk saat ini Immersive View baru tersedia di beberapa lokasi seperti Barcelona, Amsterdam, Dublin, Florence, Las Vegas, Los Angeles, London, Miami, New York, San Fransisco, San Jose, Paris, Venesia, Seattle, dan Tokyo.

Navigasi Detail

Sebagai aplikasi peta, Google Maps sudah pasti memiliki fitur navigasi yang membantu pengguna sampai di tempat tujuan. Namun fitur navigasi ini mampu menampilkan peta yang lebih nyata atau realistik dan akurat. sehingga pengguna dapat memahami kondisi jalan yang dilaluinya selama berkendara.

Untuk saat ini, Navigasi detail baru tersedia di 12 negara, termasuk Jerman, Amerika Serikat, Kanada, Prancis dan masih banyak lagi. Nantinya fitur ini akan diperluas ke 20 negara eropa lainnya.

Fitur Lens di Maps

Fitur ini dapat membantu pengguna menyesuaikan diri dengan baik dan cepat saat menjelajahi kota atau tempat baru. Penggunaan fitur ini cukup mudah, pengguna hanya perlu mengetuk ikon Lens di pojok kolom pencarian untuk menemukan informasi lokasi stasiun, ATM, kedai kopi, restoran dan toko terdekat.

Lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Bagi anda pengguna kendaraan listrik, fitur ini tentu sangat berguna dalam menemukan lokasi untuk mengisi baterai kendaraan anda. Tak hanya sekadar menampilkan lokasi, fitur ini juga menampilkan apakah pengisi daya kompatibel, daya yang tersedia cepat, sedang atau lambat.

Pembaruan ini telah tersedia di perangkat iOS dan Android dan telah diluncurkan secara global pada Oktober 2023.

Pencarian Lebih Spesifik

Dengan fitur ini, pengguna dapat melakukan pencarian tempat dengan lebih spesifik yang sesuai dengan selera dan anggaran. Hal ini dapat membantu penggunanya menemukan inspirasi dan aktivitas baru berdasarkan konteks, preferensi, dan kebutuhan.

Selain itu, pengguna juga dapat memfilter hasil pencarian seperti jarak restoran, peringkat, dan masakannya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Google maps navigasi rute AI Lokasi Pencarian Fitur baru