Lebar Jembatan Bailey 4 Meter, Jembatan Baru di Kedungpeluk Sidoarjo Malah 7 Meter

Editor: Fathur Roziq

25 Juli 2024 14:28 25 Jul 2024 14:28

Thumbnail Lebar Jembatan Bailey 4 Meter, Jembatan Baru di Kedungpeluk Sidoarjo  Malah 7 Meter Watermark Ketik
Rangka baja konstruksi jembatan Bailey akan dipasang di lokasi Jembatan Kedungpeluk, Candi, yang ambrol pada Selasa (16/67/2024). (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – ”Alhamdulillah. Maturnuwun sanget dari warga Kedungpeluk. Keluhan kami sudah direspons pemkab cepat dengan adanya jembatan darurat. Warga Desa Kedungpeluk bisa segera beraktivitas kembali.”  

Begitulah ungkapan gembira Ketua RT 3/RW 3, Desa Kedungpeluk, Kecamatan Candi, Imanur Rojik. Bersama warga lain, Rojik menyaksikan pekerja menurunkan rangka baja untuk konstruksi jembatan Bailey. Jembatan darurat itu segera dibangun untuk menggantikan sementara Jembatan Kedungpeluk yang ambruk pada Selasa (16/7/2024).

Di lokasi, reruntuhan bekas Jembatan Kedungpeluk dibersihkan. Sejak Rabu (24/7), alat berat ekskavator menghancurkan beton bekas jembatan. Bongkahan-bongkahannya diangkat dari sungai. Pembersihan bekas jembatan itu diperkirakan selesai pada Kamis (25/7).

 

Foto Jembatan Kedungpeluk, Candi, yang ambrol pada Selasa (16/7/2024) segera dibangun kembali pada 2024 ini. (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)Jembatan Kedungpeluk, Candi, yang ambrol pada Selasa (16/7/2024) segera dibangun kembali pada 2024 ini. (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

Warga sekitar menonton para pekerja tak jauh dari lokasi. Mereka tampak gembira Jembatan Kedungpeluk cepat ditangani seperti permintaan dari Plt Bupati Sidoarjo H Subandi. Warga juga melihat beberapa rangka baja jembatan Bailey sudah berada di sekitar jembatan. Jembatan Bailey ini milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Konstruksinya diangkut secara bertahap. Pengangkutan membutuhkan waktu sekitar 5 hari.

Rangka jembatan Bailey itu didatangkan dari Kabupaten Sumenep, Madura. Dalam sehari, hanya empat armada yang mengangkut rangka-rangka baja tersebut. Setelah konstruksi lengkap, perakitan dan pemasangan jembatan Bailey memerlukan waktu 4 sampai 5 hari.

”Dari hari ini, kemungkinan dua minggu lagi jembatan sudah bisa dipakai,” kata Iwan, pengawas pelaksana pengerjaan jembatan Bailey dari Dinas PU Bina Marga dan SDA Sidoarjo pada Kamis pagi (25/7).

Dia memantau langsung pengerjaan pembersihan bongkahan jembatan Kedungpeluk itu. Menurut Iwan, jembatan Bailey akan dipasang di sisi utara jembatan saat ini. Panjangnya sekitar 30 meter dengan lebar sekitar 4 meter.

Jembatan itu dapat dilalui kendaraan roda empat. Namun, harus bergantian. Dia berharap tidak ada kendala dalam pengiriman material rangka jembatan Bailey. Begitu pula pemasangannya di lokasi.

Tidak hanya jembatan Bailey. Iwan menambahkan, persiapan lokasi jembatan baru yang permanen di Kedungpeluk juga sudah dalam proses. Saat ini, bongkahan jembatan yang ada di dalam sungai diangkat. Perencanaan proyek juga sedang berjalan. Setelah itu lelang pekerjaan fisik jembatan akan dilakukan.

Proses itu membutuhkan waktu sekitar 1 bulan. Direncanakan, bulan September, pengerjaan Jembatan Kedungpeluk mulai berjalan. Pengerjaan fisik membutuhkan waktu sekitar 3 bulan. Diperkirakan, pada bulan November atau awal Desember 2024, Jembatan Kedungpeluk yang baru bisa digunakan.

Volume lebar jembatan juga akan ditambah. Lebar jembatan lama yang ambrol hanya sekitar 4 meter. Jembatan yang baru nanti 7 meter dengan panjang 21,7 meter. Jelas lebih lebar.

”Tiga bulan lagi kami prediksi pengerjaan jembatan Kedungpeluk yang baru sudah selesai,” ucapnya.

Kepala Desa Kedungpeluk H. Muhammad Madenan menyatakan sudah mengetahui rencana pembangunan jembatan Bailey itu. Dia menyampaikan kepada warga bahwa pembangunan jembatan Bailey paling lama dua pekan. Warga Kedungpeluk sudah menyadari kondisi ini.

”Kalau jembatan Bailey ini tidak dibangun, warga tidak bisa ke mana-masa. Seperti terisolasi. Kedatangan rangka jembatan Bailey ini sudah melegakan kami,” ungkap Kades Madenan. (*)

Tombol Google News

Tags:

sidoarjo Pemkab Sidoarjo Jembatan Ambruk Sidoarjo Jembatan Kedungpeluk Jembatan Bailey Kedungpeluk Dinas PU BMSDA Sidoarjo Pemprov Jatim