Lantik 184 Kepala SMA, SMK, SLB, Khofifah Tekankan Pendidikan Pancasila

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

3 Oktober 2023 13:09 3 Okt 2023 13:09

Thumbnail Lantik 184 Kepala SMA, SMK, SLB, Khofifah Tekankan Pendidikan Pancasila Watermark Ketik
Gubernur Khofifah saat melantik 184 Kepala SMA,SMK dan SLB, Selasa (3/10/2023)

KETIK, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melantik 184 kepala SMA/SMK, SLB seluruh Provinsi Jawa Timur, di Gedung Negara Grahadi, Selasa (3/10/ 2023).

Pelantikan ini dilakukan untuk mengisi kekosongan karena terdapat beberapa kepala SMA,SMK dan SLB Negeri yang pensiun. Para kepala sekolah ini dilantik sesuai dengan Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 800/4997/204/2023 tentang penugasan guru sebagai epala sekolah, ditetapkan di Surabaya tanggal 3 Oktober 2023. 

"Hari ini kita melantik 90 kepala SMA negeri, 76 epala SMK Negeri, dan 18 Kepala Sekolah SLB Negeri di seluruh wilayah Jawa Timur," jelas Khofifah saat ditemui di Gedung Negara Grahadi, Selasa (3/10/2023).

Foto Ratusan Kepala SMA, SMK dan SLB saat dilantik di Gedung Negara Grahadi, Selasa (3/10/2023)Ratusan Kepala SMA, SMK dan SLB saat dilantik di Gedung Negara Grahadi, Selasa (3/10/2023). (Foto: Habib/Ketik.co.id)

Khofifah berpesan kepada para kepala sekolah untuk mendidik para siswa sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam dasar negara, yakni pancasila. Nilai-nilai pancasila sangat penting untuk ditamankan didalam pikiran para siswa karena hal ini terkait dengan persatuan dan kesatuan Indonesia yang terdiri dari 714 suku.

"Di Indonesia ini 714 suku, jumlah ini sangat banyak. Oleh sebab itu pentingnya menananmkan pancasila kepada para siswa agar mereka dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa kita yang sangat bhineka ini," pesan Khofifah.

Selain itu Khofifah meminta kepada para kepala sekolah yang baru untuk sementara waktu dilarang menjual seragam sekolah di koperasi. Hal ini perlu menjadi perhatian dikarenakan sempat menimbulkan keresahan di kalangan wali murid. 

Pengembangan koperasi sekolah tetap ditekankan, hanya saja untuk seragam sekolah mantan Menteri Sosial RI tersebut meminta untuk tidak dijual terlebih dahulu. Namun untuk keperluan sekolah yang lain seperti buku, alat tulis, atribut sekolah lain masih diperbolehkan.

"Sekali lagi saya minta untuk saat ini koperasi sekolah jangan menjual seragam. Hal ini sampai saat ini masih menjadi polemik oleh orang tua murid. Namun disatu sisi koperasi tetap harus berkembang dengan menjual produk lain," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kepala Sekolah SMA SMK SLB Pendidikan Gubernur Khofifah Pancasila