Kurangi Gejala Menopause Dengan Konsumsi Makanan Ini

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

5 Agustus 2023 08:00 5 Agt 2023 08:00

Thumbnail Kurangi Gejala Menopause Dengan Konsumsi Makanan Ini Watermark Ketik
Wanita yang sedang memasuki fase menopause.(Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Perempuan yang sudah mulai memasuki fase menopause sering merasakan gejala yang membuat tubuh terasa tidak nyaman. Gejala ini dapat berlangsung beberapa tahun karena diakibatkan menurunnya hormon estrogen. Apabila tidak ditangani dengan tepat akan menyebabkan munculnya penyakit baru.

Faktor makanan ternyata juga berperan besar untuk menjaga kesehatan saat memasuki fase menopause. Asupan yang tepat akan membuat tubuh lebih sehat. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan saat memasuki masa menopause.

1. Susu dan produk turunannya

Susu sejak dulu dikenal memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain susu berbagai produk turunannya seperti keju dan yogurt ternyata memiliki kandungan kalsium tinggi yang baik untuk mencegah pengeroposan tulang saat fase menopause.

Selain baik untuk tulang, kandungan bakteri baik probiotik pada yogurt juga dapat menjaga kesehatan pencernaan dan usus.

2. Biji bijian

Kadar gula darah wajib dijaga saat masa menopause. Oleh sebab itu mengkonsumsi biji biji an dapat menjadi pilihan karena berguna untuk mengelola fluktuasi gula darah. Walaupun baik dikonsumsi namun tetap perlu diperhatikan jumlahnya karena kandungan karbohidratnya yang tinggi.

3. Sayur dan buah

Rasanya sudah banyak yang tahu jika sayur dan buah adalah makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi saat menopause karena kandungan nutrisinya. Sayur dan buah yang berserat dapat menjadi pilihan untuk mengelola rasa lapar. Namun untuk buah tetap perhatikan asupannya karena kandungan gulanya cukup tinggi.

Foto Aneka sayur dan buah buahan.(Foto: Pixabay)Aneka sayur dan buah buahan.(Foto: Pixabay)

4. Makanan yang mengandung Fitoestrogen 

Seperti yang sudah dijelaskan diatas jika saat memasuki fase menopause kadar estrogen dalam tubuh wanita akan menurun secara perlahan. Oleh sebab itu mengkonsumsi makanan yang mengandung fitoestrogen sangat baik untuk mengurangi gejala yang timbul.

Hal ini karena kandungan fitoestrogen merupakan senyawa yang berperan sebagai estrogen dalam tubuh. Makanan yang secara alami mengandung fitoestrogen antara lain kedelai, buncis, kacang tanah, anggur, buah beri, plum, hingga teh hijau. 

5. Protein Hewani

Seiring memasuki fase menopause dan penurunan masaa otot karena usia. Mengkonsumsi protein hewani sangat penting untuk menjaga massa otot. Usahakan memilih protein tanpa lemak, karena lebih sehat.

Kandungan protein bisa kamu dapatkan melalui daging ayam, daging ikan, telur dan masih banyak lagi.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan hormon estrogen wanita fase menopause Sayur dan buah