KPU Umumkan Hasil Tes Kesehatan 3 Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Mustopa

3 September 2024 00:51 3 Sep 2024 00:51

Thumbnail KPU Umumkan Hasil Tes Kesehatan 3 Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Watermark Ketik
Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi saat ditemui di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo, pada Senin, 2 September 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim mengumumkan hasil tes kesehatan 3 pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim yang berlangsung di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo, pada Senin, 2 September 2024.

Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi menilai ketiga pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim dianggap mampu untuk mengikuti kontestasi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2024.

"Majelis pemeriksa tim kesehatan yang telah dibentuk oleh pihak rumah sakit Dr. Soetomo itu menyimpulkan dari 3 pasangan calon yang dilakukan pemeriksaan untuk kesehatan jasmani dan rohaninya dianggap mampu," kata Aang, kepada awak media, Senin, 2 September 2024.

Untuk diketahui pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon Khofifah-Emil dilakukan pada 29 Agustus 2024. Kemudian pasangan Risma-Gus Hans pada 31 Agustus, pada hari yang sama, pasangan Luluk-Lukman menjalani psikotes.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih dan Parmas) KPU Jatim, Nur Salam, mengungkapkan dari tahapan pemeriksaan yang ketat tersebut, nantinya pengumuman secara resmi akan dijadwalkan pada 5-6 September mendatang.

"Sudah disampaikan oleh ketua kesimpulan (hasil) akhirnya seperti itu. Tetapi secara detail nanti akan kita laporkan sesuai dengan tahapan di tanggal 5 sampai 6 (September)," ungkap Salam.

Tidak hanya gubernur dan wakil gubernur, hasil tes untuk para bakal calon kepala daerah di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur juga akan dirilis bersamaan.

Diketahui, ada 150 dokter ahli telah dikerahkan untuk memastikan kesehatan para calon pemimpin daerah tersebut.

Salam juga menyebut jika verifikasi administrasi pencalonan juga sedang berlangsung, dengan hasil yang akan digabungkan bersama penilaian kesehatan untuk penetapan resmi pada 22 September.

"Tahapan ini penting, karena menjadi fondasi bagi masa kampanye yang akan datang," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pilgub Jatim 2024 #Pilkada2024 KPU Jatim Jawa timur Wakil Gubernur Jatim Gubernur Jatim