KN Bimasakti Utama, Angkut Ratusan Santri Kembali ke Pondok Pesantren

Jurnalis: Adinda Octaviani
Editor: Marno

19 April 2024 17:29 19 Apr 2024 17:29

Thumbnail KN Bimasakti Utama, Angkut Ratusan Santri Kembali ke Pondok Pesantren Watermark Ketik
Santri ketika turun dari kapal navigasi Bimasakti Utama di Pelabuhan Jangkar Situbondo, Jumat (19/04/2024) (Foto : Adinda Octaviani / ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Ratusan santri dari Pulau Raas, Kabupaten Sumenep  kembali ke Pondok Pesantren Wali Songo di Situbondo.  Mereka naik Kapal Navigasi Bimasakti Utama milik kantor Distrik Navigasi (Disnav) kelas 1 Tanjung Perak Surabaya, Jumat (19/04/2024).

“Bantuan Kapal Navigasi Bimasakti Utama dari Kementerian Perhubungan RI mengangkut 307 santri, santriwati dan wali santri serta pengurus pondok dari Kepulauan Raas. Mereka tiba di Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo sore tadi,” jelas Kepala KSOP Kelas IV Panarukan Herland Aprilyanto di Pelabuhan Jangkar.

Bantuan kapal yang mengangkut  ratusan santri dan santriwati Pondok Pesantren Wali Songo ini, kata Herland, merupakan program Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jendral Perhubungan Laut. Program ini memberikan pelayanan Mudik dan Balik Lebaran Gratis 2024 kepada sejumlah santri dan wali santri dari Pulau Raas Sumenep.

“Program Mudik dan Balik Lebaran Gratis terjadwal dua kali keberangkatan. Yakni pada Jumat, (19/4/ 2024) dan Sabtu (20/4/2024). Pada jadwal keberangkatan hari ini,  ada 307 santri dan wali santri menaiki Kapal Navigasi Bimasakti Utama. Mereka berasal dari santri Pondok Pesantren Walisongo Situbondo,” kata Herland.

Untuk Sabtu (20/4/2024(, sambung Herland, kembali Kapal Navigasi Bimasakti Utama akan mengangkut 275 santri dan santriwati dari Pelabuhan Sapudi menuju ke Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo.

“Besok kapal navigasi bantuan dari Kemenhub RI, trip terakhir mengangkut penumpang Mudik dan Mudik Lebaran Gratis 2024. Semoga, pelayanan Kemenhub RI dalam memberikan bantuan mudik dan arus balik mudik lebaran gratis berkenan dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata kepala KSOP Kelas IV Panarukan.

Lebih lanjut, Herland mengatakan, jumlah total penumpang yang turun di Pelabuhan Jangkar Situbondo selama Mudik dan Balik Lebaran 2024 sebanyak 10.741 penumpang. “Jumlah ini ada kenaikan sebanyak 40 persen jika dibandingkan dengan lebaran tahun kemarin,” pungkasnya.

Sementara itu, Rani salah satu santri Pondok Pesatren Wali Songo mengatakan, perjalanan laut menggunakan Kapal Navigasi Bimasakti Utama, dari Pelabuhan Raas Sumenep sampai ke Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo sangat nyaman dan aman.

“Semoga Kementerian Perhubungan RI, pada Idul Fitri tahun depan bisa melaksanakan kembali program Mudik dan Balik Lbaran Gratis. Sebab, program ini sangat membantu santri maupun masyarakat kepulauan,” kata Rani. (*)

Tombol Google News

Tags:

KN Bimasakti Utama Angkut Ratusan Santri Kembali ke Pondok Situbondo Berita Situbondo Hari Ini Situbondo Terkini