Kiagus Firdaus Ternyata Cucung Somad Arsjad Veteran Perang Pejuang Kemerdekaan Pagaralam

Jurnalis: Irwansyah
Editor: Naufal Ardiansyah

2 Agustus 2023 05:40 2 Agt 2023 05:40

Thumbnail Kiagus Firdaus Ternyata Cucung Somad Arsjad Veteran Perang Pejuang Kemerdekaan Pagaralam Watermark Ketik
Kiagus Firdaus, cucung Somad Arsjad Veteran Kota Pagaralam saat menunjukkan Piagam Penghargaan Negara kepada kakeknya sebagai pahlawan. (Foto: Ketik.co.id)

KETIK, PAGAR ALAM – Ramai diperbincangkan sosok Kiagus Firdaus, anak muda sukses yang diminta kembali ke kampung halamannya untuk membangun Kota Pagaralam. 

Kiagus yang kini sukses menjadi pengusaha parkir dan pemilik media, dia juga menjadi Tim Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. 

Darah pejuang juga mengalir di sosok Kiagus Firdaus. Dia ternyata cucung dari Somad Arsjad, veteran pejuang Kemerdekaan RI di Kota Pagaralam. 

Kakek Kiagus Firdaus itu mendapat penghargaan dari pemerintah dan diakui sebagai Veteran pejuang Kemerdekaan RI. Kiagus, dari informasi yang beredar, adalah cucu kesayangan Somad Arsjad. 

"Di momen Agustusan ini, kami keluarga besar selalu mengheningkan cipta untuk kakek kami, dan para pahlawan pejuang kemerdekaan. Kalau pulang ke Pagaralam kami selalu nyekar ke makam beliau," kata Kiagus, Rabu (2/8/2023). 

Foto Prosesi pemakaman secara militer Almarhum Somad Arsjad Veteran Perang Pejuang Kemerdekaan RI kakek dari Kiagus Firdaus.Prosesi pemakaman secara militer Almarhum Somad Arsjad Veteran Perang Pejuang Kemerdekaan RI kakek dari Kiagus Firdaus.

Pria yang kini tinggal di Kota Malang, Jawa Timur ini mengaku bahwa sang kakek pernah berwasiat kepada keluarganya. Jika meninggal, dia tidak berkenan dimakamkan di makam pahlawan. Somad Arsjad sang pahlawan Pagaralam itu justru ingin dimakamkan bersama istrinya di makam keluarga. 

"Kami banyak belajar dari beliau. Beliau kakek saya adalah sosok pekerja keras, pencinta negeri ini. Bahkan diceritakan bahwa dada kanan pernah tertembak peluru tentara Belanda. Tapi alhamdulillah beliau masih diselamatkan dan sehat sampai akhirnya beliau meninggal," bebernya.

"Beliau sosok pekerja keras dan sangat sayang kepada anak dan cucu-cucunya. Sangat cinta Pagaralam," imbuhnya. 

Kiagus Firdaus yang kini sukses di Jawa tak ingin Kota Pagaralam berada di garis stagnan. Atas dorongan tokoh masyarakat dan komunitas-komunitas, ia siap pulang kampung untuk ikut membesarkan kota kelahirannya itu. 

Semangat yang pernah diajarkan sang kakeknya itu menjadi modal dan tekad Kiagus Firdaus untuk menjalankan amanah bagaimana Kota Pagaralam menjadi kota maju dan sejahtera untuk masyarakatnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kiagus Firdaus Cucung Veteran pagaralam Somad Arsjad PAHLAWAN