Kecelakaan Bus Rombongan Study Tour, Kapolda Jatim Panggil Pemilik Bus

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Akhmad Sugriwa

22 Mei 2024 16:02 22 Mei 2024 16:02

Thumbnail Kecelakaan Bus Rombongan Study Tour, Kapolda Jatim Panggil Pemilik Bus Watermark Ketik
Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto saat diwawancarai di Gedung Negara Grahadi, Rabu (22/5/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto memerintahkan Dirlantas Polda Jatim untuk memanggil jajaran perusahaan otobus dan organda, menyusul kecelakaan bus pariwisata rombongan siswa SMP PGRI 1 Wonosari Malang di Tol Jombang-Mojokerto, yang menewaskan dua orang.

"Pak Dirlantas (segera) saya suruh mengumpulkan para pemilik perusahaan otobus, organda, terutama perusahaan pengelola bus itu," ungkap Kapolda Jatim, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (22/5/2024).

Nantinya, kapolda akan mengajak bicara soal SOP terkait lalu lintas, khususnya bus. "Kita ajak bicara kalau bus sudah gak layak sebaiknya di-grounded," kata Irjen Pol Imam.

Dengan tindakan itu, Imam yakin bisa menekan angka kecelakaan yang terjadi di jalan. "Kalau itu bisa disepakati, angka kecelakaan bisa kita tekan seminimal mungkin," ucapnya.

Tak hanya fokus pada bus saja, Imam juga menyoroti sopirnya. Seperti halnya kecelakaan bus yang terjadi di Tol Jombang, diduga kuat sopir mengantuk. Sehingga kendaraan yang dikemudikan oleng, kemudian menabrak truk. "Kita cek, kita akan tangani kalau sopirnya ada kelalaian akan kita proses tegas," tegasnya.

Lebih lanjut, Imam pun mengimbau kepada perusahaan bus agar melakukan pengecekan secara rutin. Baik itu mengecek kondisi armadanya, maupun awak sopirnya. Sehingga kejadian kecelakaan dapat diantisipasi.

"Saya mengimbau kepada perusahaan bus, mohon kepedulian terhadap kondisi fisik kendaraan betul-betul seperti ramp check, kondisi sopir, kendaraan sudah tua-tua itu betul-betul dilakukan cek and recek, dan final cek. Agar kecelakaan seperti di Jombang pagi tadi tidak terulang," kata Kapolda Jatim. (*)

Tombol Google News

Tags:

Polda Jatim kecelakaan bus study tour Study tour Kapolda Jatim