Kaimana Menuju Smart City, Tim Pokja Kominfo RI Beri Sosialisasi ke OPD

Jurnalis: La Jen
Editor: M. Rifat

27 Juli 2023 13:45 27 Jul 2023 13:45

Thumbnail Kaimana Menuju Smart City, Tim Pokja Kominfo RI Beri Sosialisasi ke OPD Watermark Ketik
Diskominfo Kaimana bersama Tim Pokja Badan Pusdiklat Pengembangan SDM Kominfo RI dan Kemenpan RB dan OPD Kaimana di ruang rapat kantor Bupati, (27/7/2023). (Foto: Humas Pemkab Kaimana)

KETIK, KAIMANA – Pemerintah Kabupaten Kaimana terus berinovasi. Kini mereka berupaya menerapkan konsep Smart City sebagai bentuk penyesuaian terhadap perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat.

Demi mensosialisasikan konsep ini, Pemerintah Kabupaten Kaimana mengadakan rapat dengan Tim Pokja Badan Pusat Diklat Pengembangan SDM Kominfo RI Herry Abdul Aziz dan Kemenpan RB Mugi Rahimah.

Rapat tersebut untuk memperkenalkan konsep pengelolaan pemerintahan berbasis digital Smart City kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kaimana.

Dalam rapat tersebut, Tim Pokja Kominfo RI Herry Aziz menjelaskan Smart City bertujuan mengubah cara berpikir, tindakan, dan kebiasaan demi meningkatkan tata kelola pemerintahan dan keberlangsungan kota.

Salah satu contoh inovasi yang dibahas adalah penerapan sistem integrasi data untuk layanan kesehatan. Dalam hal ini, berbagai dinas seperti Dinas Kominfo, Disdukcapil, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas PUPR bekerja sama untuk menyediakan data kesehatan, data KTP, memastikan sanitasi dan pengelolaan limbah, serta membangun akses yang memadai ke rumah sakit atau puskesmas.

Namun, untuk mewujudkan Kaimana Smart City, dibutuhkan waktu, proses, dan persiapan cukup lama. Oleh karena itu, kerja sama dan komitmen antara Tim Pokja, Kemenpan RB, dan OPD Kaimana menjadi kunci keberhasilan dalam merealisasikan Smart Kaimana.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan Pemerintah Kabupaten Kaimana dapat memperbaiki tata kelola pemerintahan dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat melalui digitalisasi dan inovasi teknologi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Dinas Kominfo Smart City OPD Pemkab Kaimana