JLS sudah Terhubung, Yuk Berwisata ke Pantai Selatan Jatim

Jurnalis: Arief
Editor: Rudi

30 Mei 2023 19:06 30 Mei 2023 19:06

Thumbnail JLS sudah Terhubung, Yuk Berwisata ke Pantai Selatan Jatim Watermark Ketik
Pantai Plengkung Banyuwangi menjadi surga surfer internasional. (Foto: Instagram @billmorris)

KETIK, JAKARTA – Konektivitas Jalur Lingkar Selatan (JLS) Jawa Timur telah terhubung. Jalan raya antarkota itu dibangun dengan harapan meningkatkan perekonomian melalui distribusi barang dan jasa, serta sektor pariwisata.

Bicara pariwisata, tidak lepas banyaknya pantai di selatan Jatim, yang membentang mulai dari Banyuwangi hingga Pacitan. Kebetulan dalam beberapa pekan ke depan, sudah memasuki liburan sekolah.

Berikut lima pantai yang bisa dijadikan refrensi untuk dikunjungi:

Plengkung

Inilah pantai paling indah di Banyuwangi versi wisatawan asing. Lokasi ini kerap dijadikan spot surfing surfer dunia lantaran ombak dan keasrian alamnya. Wisatawan asing menyebutnya sebagai G-land. Huruf G merujuk pada green dan great.

Disebut green lantaran lokasi pantai di tepi hutan yang masih asri, sedangkan great merujuk ombak Pantai Plengkung yang cukup besar. Plengkung menjadi surga surfer selain Uluwatu (Bali), Pulau Nias (Sumatera Utara), Banzai (Hawaii/Amerika Serikat), Bondi (Australia), dan Teluk Jeffery (Afrika Selatan).

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi berusaha mempertahankan keasrian pantai Plengkung. Di lokasi ini juga kerap dijadikan kejuaraan surfing internasional guna meningkatkan kunjungan wisatawan asing.

Balekambang

Keberadaan pura Amarta Jati di Pulau Ismoyo menjadikan pantai Balekambang di Kabupaten Malang, disebut-sebut sebagai Tanah Lot. Yakni spot wisata yang ada di Bali. Pantai Balekambang kerap dijadikan wisata religi dua pemeluk agama sekaligus, Hindu dan Islam.Foto Daya tarik Pantai Balekambang adalah keberadaan Pura Amarta Jati di Pulau Ismoyo. (Foto: Instagram: balekambang.id)Daya tarik Pantai Balekambang adalah keberadaan Pura Amarta Jati di Pulau Ismoyo. (Foto: Instagram: balekambang.id)

Umat Hindu berbondong-bondong ke pura Amarta Jati untuk merayakan Hari Raya Nyepi. Sedangkan umat Islam berziarah ke makam Syaikh Abdul Jalil tiap 1 Sya’ban. Cerita masyarakat sekitar, sosok inilah yang membuka hutan di sekitar pantai.

Pasetran Gondomayit

Namanya seram. Tidak perlu takut dengan pantai di Tambakrejo, Kabupaten Blitar ini. Cerita yang berkembang, gondomayit berasal dari kata bau bangkai manusia. Tapi itu cerita bertutur dan belum bisa dibuktikan berdasarkan catatan sejarah.

Terlepas dari namanya, Gondomayit memiliki daya tarik yang luar biasa. Anda bisa naik ke bukit untuk melihat dua pantai sekaligus, yakni Gondomayit dan Tambakrejo. Pada saat sore hari, Anda disuguhkan sunset yang indah dengan latar belakang dua pantai sekaligus.

Kedung Tumpang

Lokasinya berada di Desa/Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung. Ada dua spot wisata yang bisa dikunjungi di tempat ini. Pertama adalah pantai yang berpasir putih dengan karang dan tebing terjal.

Nah di beberapa karang bebatuan itu terdapat sebuah kolam yang bisa dibuat berendam. Kolam itu terbentuk dari cekungan batu akibat korosi yang kemudian terisi air dari ombak. Anda tidak diperbolehkan berenang di kolam Ketika ombak sedang pasang.

Klayar

Pacitan tidak mau kalah menyuguhkan panorama pantai yang indah. Pantai Klayar layak dimasukkan list liburan Juni mendatang. Keindahan pantai ini sampai ditulis penyanyi sekaligus pencipta lagu, Didi Kempot.

Akses menuju pantai ini akan disuguhkan perbukitan yang naik turun dan beberapa goa kecil di sepanjang jalan. Pantai Klayar memiliki pasir yang putih bersih dengan ombak yang sangat besar.

Anda bisa melihat warga sekitar memanjat pohon kelapa untuk dijadikan gula merah. Sementara di tepi pantai banyak warung yang menjajakan ikan segar, baik dibakar maupun digoreng. (*)

Tombol Google News

Tags:

Malang pacitan Banyuwangi Pantai Plengkung Balekambang Tulungagung Jalur Lingkar Selatan Jawa timur liburan