Jenis Kucing Jago Renang, No 4 Hobi Rebahan di Air

Jurnalis: Arief
Editor: Marno

17 Juni 2023 05:02 17 Jun 2023 05:02

Thumbnail Jenis Kucing Jago Renang, No 4 Hobi Rebahan di Air Watermark Ketik
Savannah kucing manja yang selalu waspada tapi jago berenang. (Foto: Adobe Stock)

KETIK, JAKARTA – Salah satu cara mengusir kucing adalah dengan menyiram air. Cara ini cukup efektif lantaran banyak kucing yang menghindari air. Tapi tidak semua ras kucing takut air. Ada beberapa ras yang minta dimandikan, setidaknya dalam seminggu dua kali.

Cukup banyak tingkah ras kucing yang tidak takut air. Misalnya minum air langsung dari kran atau berburu mangsa di kubangan. Malahan di antaranya sanggup berenang di sungai hingga kolam. Berikut jenis kucing yang sanggup berenang:

1. Savannah

Inilah ras kucing terpanjang di dunia yang bisa berenang. Savannah atau Sabana adalah persilangan kucing liar serval Afrika dengan ras Bengal. Ciri-ciri kucing ini memiliki bulu tebal, fisik yang besar, tinggi, ramping, lentur, telinga berbentuk segitiga dengan kaki yang panjang.

Sifat Sabana memiliki kecerdasan dan rasa ingin tahu yang tinggi. Ia juga senang diperhatikan, manja, dan selalu waspada dengan keadaan sekitar. Kucing ini sangat ramah, senang bersosialisasi, mudah dilatih, penurut, dan setia kepada majikan.

Lompatan Sabana bisa mencapai 2,5 meter, dan suka diajak berenang. Sifat ini sama dengan ras bengal. Keunikan lain dari Sabana ia akan mengibaskan ekor ketika merasa senang.

2. Bengal

Bila membaca namanya, kucing ini seperti berasal dari suku Bengali di Bangladesh. Sebetulnya kucing ini berasal dari Amerika Serikat. Bengal merupakan pesilangan american shorthair dengan asian leopard. Bulunya sama persis dengan kucing savannah.

Mudah mengenali kucing Bengal dari warnanya yang didominasi coklat cinnamon dan bintik hitam. Tubuhnya atletis dan cukup panjang, besar, dan gagah.

Kucing ini digambarkan sebagai sosok yang aktif dan cerdas. Ia tergolong ras yang senang dengan berenang di kolam maupun di kamar mandi. Konon harga kucing ini bisa tembus Rp300 juta!

3. Manx

Kucing ini tidak memiliki ekor dan kerap bisa disebut rumpy. Kucing ini berasal dari Isle of Man, sebuah pulau di utara Irlandia. Manx ras kucing tertua yang pernah didaftarkan ke Cat Fanciers Association (CFA).

Ciri fisiknya sangat mudah dikenali. Yakni tidak memiliki ekor, kepalanya bundar, bentuk pipi menonjol, badannya lebih pendek, warna hidung dengan bulu selalu sama, dengan mata yang besar serta bulat.

Manx jenis kucing yang paling gemar dengan air. Ia tidak segan ikut majikannya berada di air, seperti berenang, mandi, hingga sanggup berhujan-hujan.

4. Van Turki

Mengutip Cat Time, Van Turki kerap disebut Kucing Berenang. Jenis ini salah satu kucing kuno yang ditemukan di Danau Van, tenggara Turki. Bulunya tebal yang tahan air membuat kucing ini gemar berada di air.

Ketertarikannya dengan air membuatnya jahil. Jangan heran bila di rumah menemukan kran tiba-tiba terbuka. Atau ember berisi air tumpah dibuat mainan. Kucing ini sanggup berbaring di atas air hanya untuk rebahan, sebuah kebiasaan aneh.

Ciri fisiknya, seluruh tubuhnya didominasi warna putih. Sedangkan di bagian kepala dan ekor berkombinasi krem atau coklat.

5. Angora Turki

Angora merupakan sepupu Van Turki yang juga perenang hebat. Si cantik ini diduga besar berasal dari pegunungan Turki yang dingin. Ia memiliki rambut Panjang layaknya kambing atau kelinci jenis angora.

Kucing ini cenderung memiliki heterochromia, atau memiliki mata dengan warna yang berbeda. Angora Turki adalah ras aktif yang membutuhkan banyak permainan.

Ia suka mengejar mainan, menerkam apa saja yang bergerak, dan bisa dilatih berjalan di atas tali. Ras khusus ini kerap mengikuti majikannya Ketika diajak terjun ke kolam renang atau bak mandi.(*)

Tombol Google News

Tags:

kucing kucing renang Angora bengal Van Turki