Jelang Idul Adha Harga Pakan Tinggi, Daging Ayam Ikut Melonjak

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

27 Juni 2023 10:39 27 Jun 2023 10:39

Thumbnail Jelang Idul Adha Harga Pakan Tinggi, Daging Ayam Ikut Melonjak Watermark Ketik
Daging Ayam. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Menjelang Idul Adha harga beberapa bahan pokok mengalami kenaikan. Salah satunya daging ayam. Harga daging ayam ras saat ini menyentuh Rp 50 ribu per kilogram.

Sekjen DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Reynaldi Sarijowan membenarkan jika memang terjadi kenaikan harga daging ayam yang cukup signifikan.

Dirinya menyebut banyak faktor yang membuat harga daging ayam melambung. Salah satunya adalah permintaan yang tinggi dan harga pakan yang naik.

"Harga tertinggi saat ini Rp50 ribu sampai Rp51 ribu per kg," ujar Reynaldi.

Reynaldi berharap pemerintah segera mengambil langkah untuk mengatasi kenaikan ini. Menurutnya perlu koordinasi antar lembaga seperti Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan dan juga Badan Pangan Nasional untuk memeperbaiki tata niaga agar harga bahan pokok bisa terjaga.

"Tentu bukan alasan jika menghadapi hari besar keagamaan, pemerintah perlu mempersiapkan tata niaga pangan di dalam negeri," tambahnya.

Sementara itu Ketua Paguyuban Peternak Rakyat Nusantara (PPRN) Alvino Antonio menegaskan harga pakan yang terus merangkak naik sangat mempengaruhi harga jual daging ayam.

Saat ini harga pakan menyentuh Rp9.500 per kg dari yang sebelumnya Rp8.500 per kg.

"Harga pakan franco kandang Rp8.900 sampai Rp9.500 per kg, harga pakan yang wajar Rp8.500 per kg," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Daging ayam Kenaikan Idul adha pakan Tata niaga