Jangan Ketinggalan! Disnakertrans Jatim Gelar Job Fair, Tersedia 3.933 Lowongan Kerja

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

19 September 2023 11:15 19 Sep 2023 11:15

Thumbnail Jangan Ketinggalan! Disnakertrans Jatim Gelar Job Fair, Tersedia 3.933 Lowongan Kerja Watermark Ketik
Suasana job fair Disnakertrans Jatim dipenuhi para pencari kerja di Galaxy Mall, Surabaya (19/9/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Disnakertrans Provinsi Jawa Timur bersama 6 UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans Prov. Jatim mengadakan Job Fair yang digelar di Galaxy Mall Surabaya mulai 19 hingga 20 September 2023.

Acara ini merupakan kick off dari rangkaian job fair yang digelar secara berantai dalam rangka HUT Provinsi Jawa Timur.

Diawali di Surabaya kemudian dilanjutkan di 6 UPT BLK yakni di UPT BLK Surabaya (10 Oktober 2023), Mojokerto (11 Oktober 2023), Singosari (18 Oktober 2023), Kediri (24 Oktober 2023), Tuban dan Pasuruan (26 Oktober 2023). Keenam UPT BLK Disnakertrans Prov. Jatim tersebut akan mengadakan Job Fair secara berturut-turut selama Bulan Oktober 2023.

"Pada acara job fair kali ini diikuti oleh sekitar 59 perusahaan dengan jumlah lowongan sebanyak 3.933. Selain itu juga terdapat perusahaan yang membuka internship program," jelas Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat ditemui usai membuka Job Fair di Galaxy Mall, Selasa (19/9/2023).

Foto Gubernur Khofifah saat mengunjungi salah satu stand perusahaan peserta job fair. (Foto: Husni Habib /Ketik.co.id)Gubernur Khofifah saat mengunjungi salah satu stand perusahaan peserta job fair. (Foto: Husni Habib /Ketik.co.id)

Khofifah menambahkan ada hal berbeda di job fair kali ini, yakni terdapat beberapa perusahaan yang membuka lowongan bagi penyandang disabilitas. Hal ini tentu sangat bagus karena seringkali penyandang disabilitas ini tidak mendapatkan kesempatan layaknya pelamar kerja normal.

"Sudah menjadi komitmen kami untuk memberikan kesempatan kepada teman-teman disabilitas. Hak-hak mereka untuk bekerja tetap harus diusahakan," tambahnya.

Sementara itu ditemui di lokasi yang sama Cahyo selalu HRD Sinar Baja Elektrik 2 menuturkan jika perusahaannya telah lama mempekerjakan pekerja disabilitas, terutama tuna rungu dan tuna wicara.

Hingga saat ini terdapat sekitar 12 orang pekerja disabilitas yang bekerja di pabrik manufaktur speaker tersebut, kebanyakan mereka menduduki bagian produksi dan cleaning service.

Dalam menyeleksi pekerja disabilitas pihak perusahaan bekerja sama dengan SLB. Nantinya pekerja yang diterima akan mendapatkan pemdampingan terlebih dahulu selama 1 minggu untuk dilakukan observasi sebelum dilepas bekerja di pabrik.

"Jadi kita sudah lama terima pekerja disabilitas. Bekerja sama dengan SLB nanti mereka akan di observasi kemudian ditraining. Kebanyakan posisi yang tersedia bagian produksi. Namun khusus job fair ini kita juga buka teknik elektro," pungkas Cahyo.(*)

Tombol Google News

Tags:

job fair lowongan disabilitas Disnakertrans jatim Gubernur Khofifah Pekerja disabilitas HUT Jatim