Jalur Klemuk Songgoriti Kota Batu Dibuka Lagi, Berikut Tips Aman Melewatinya

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

4 Juli 2023 14:00 4 Jul 2023 14:00

Thumbnail Jalur Klemuk Songgoriti Kota Batu Dibuka Lagi, Berikut Tips Aman Melewatinya Watermark Ketik
Kendaraan roda empat melewati jalur Klemuk Songgoriti dari arah Pujon Kabupaten Malang, (4/7/2023). (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Jalur alternatif Klemuk Songgoriti Kota Batu saat ini telah dibuka untuk mobil. Jalur Klemuk Songgoriti telah dibuka untuk mobil sejak sebelum libur Idhul Adha kemarin.

Pantauan di lokasi, banyak mobil melewati jalur yang menghubungkan antara Kota Batu dengan Kecamatan Pujon Kabupaten Malang itu.

Road barier yang sebelumnya menutup sebagian badan jalan, kini juga telah disingkirkan. Namun, hanya mobil berukuran kecil yang diperbolehkan masuk jalur Klemuk.

Sebuah portal besi dipasang untuk menghalau kendaraan besar yang akan masuk jalur Klemuk.

"Sejak awal bulan Juli, kendaraan roda empat di diperbolehkan lewat jalur Klemuk. Baik dari arah Kota Batu, maupun dari Pujon,” kata Agung, Salah satu petugas lapangan Dinas Perhubungan Kota Batu, Selasa (04/07/2023).

Sebuah papan imbau warna biru terpasang di portal Jalur Klemuk Songgoriti dari arah Pujon Kabupaten Malang.

Begitu juga dari arah Songgoriti Kota Batu terdapat Papan tersebut. Papan itu bertuliskan Jalan khusus sepeda motor dan kendaraan kecil tinggi maksimal 2,2 M. Pastikan rem kendaraan anda dalam keadaan baik.

"Untuk kendaraan tidak boleh lewat, harus lewat jalur wisata payung," tambahnya.

Jalur alternatif Pujon Kabupaten Malang menuju Klemuk Songgoriti memiliki kondisi jalan yang menurun tajam. Jalur ini kerap membuat kendaraan mengalami rem blong.

Terutama bagi pengendara dari luar kota yang tidak mengetahui Medan jalur tersebut. Oleh karena itu, sebelum melintasi jalur tersebut ada baiknya pengendara memastikan rem kendaraannya dalam kondisi baik.

Tercatat beberapa kecelakaan pernah terjadi di jalur Klemuk Songgoriti ini. Pada 17 Mei 2023 lalu, sebuah truk mengalami rem blong ketika melintasi jalan Klemuk dari Pujon.

Truk tersebut menabrak sebuah mobil dan tiga sepeda motor motor hingga menyebabkan tiga orang meninggal dunia.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Jalur Klemuk