Inilah Fakta Gunung Inierie, Puncak Tertinggi Pulau Flores

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

17 Januari 2024 00:15 17 Jan 2024 00:15

Thumbnail Inilah Fakta Gunung Inierie, Puncak Tertinggi Pulau Flores Watermark Ketik
Berbentuk kerucut tampilan gunung Inierie tampak seperti piramida. (Foto: Instagram @ahmadnurfauji)

KETIK, NGADA – Indonesia merupakan salah satu negara yang masuk dalam wilayah cincin api pasifik. Hal ini menyebabkan Indonesia negara yang memiliki banyak gunung berapi. Salah satu gunung berapi yang ada di Indonesia adalah Gunung Inierie yang terletak di Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Gunung Inierie merupakan gunung berapi terbesar yang ada di Pulau Flores. Gunung ini memiliki tinggi 2.245 mdpl, gunung berbentuk kerucut tersebut merupakan titik tertinggi di Pulau Flores. 

Asal nama Gunung Inierie sendiri berasal dari bahasa lokal yakni Ine yang memiliki arti ibu dan Rie yang berarti cantik, sehingga jika diartikan secara lengkap gunung ini memiliki arti nama ibu yang cantik. Gunung ini merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Pulau Flores. Untuk lebih mengenal Gunung Inerie, mari disimak ulasan berikut ini sampai tuntas ya!

1. Berbentuk Mirip Piramida

Hal unik pertama dari gunung ini adalah bentuknya yang mirip piramida. Gununh bertipe strato vulcano yang dikenal tinggi menjulang dan pucuknya yang runcing. Bentuknya yang mengerucut membuat Gunung Inerie dijuluki piramida Mesir.

Bentuknya yang mirip piramida tentu memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Diperlukan waktu sekitar 3 hingga 4 jam untuk mendaki gunung yang indah ini.

 

2. Titik Awal Pendakian

Jika kamu berniat untuk mendaki gunung ini ada baiknya memulai pada pagi hari. Hal ini untuk menghindari cuaca panas Pulau Flores karena disana tidak ada tempat berteduh.

Pendakian sendiri bisa dimulai dari desa Watumeze (1.100 mdpl) yang hanya berjarak 15 hingga 20 menit dengan mobil dari kota terdekat Bajawa. 

Foto Memiliki pemandangan yang i dah Gunung Inierie sering dikunjungi wisatawan. (Foto: Instagram @ayodolan)Memiliki pemandangan yang i dah Gunung Inierie sering dikunjungi wisatawan. (Foto: Instagram @ayodolan)

3. Tantangan Pendakian

Setiap mendaki gunung tentu saja akan ada tantangan yang harus dihadapi. Setiap gunung tentu saja memiliki tantangan yang berbeda beda. Untuk Gunung Inierie banyaknya kerikil dan batuan cadas menjadi tantangan tersendiri saat mendaki gunung ini.

Belum lagi kamu akan menemui medan bebatuan dengan sudut kemiringan yang tajam. Belum lagi sinar matahari yang cukup terik di Pulau Flores akan menemanimu sepanjang pendakian.

Namun jangan salah setelah sampai di puncak kamu akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah. Yang membuat semua jerih payahmu merasa terbayarkan.

 

4. Memiliki Danau Kawah yang Indah

Seperti halnya gunung berapi yang lain, Gunung Inierie juga memiliki kawah yang indah. Kawah tersebut dikenal dengan nama kawah Wawomudha. Untuk menuju kawah tersebut membutuhkan waktu sekitar satu jam dari desa Ngora Nale (1.373 mdpl).

 

5. Memiliki Lanskap Alam Yang Indah

Seperti wilayah gunung pada umumnya, Gunung Inierie memiliki pemandangan awan yang indah. Dari puncak Inerie, sejauh mata memandang terlihat gulungan awan bak kapas yang menghiasi langit. Ditambah dengan hamparan hijaunya wilayah hutan yang semakin mempercantik tampilan gunung ini. Belum lagi dengan bentangan savana di kaki gunung akan semakin memanjakan mata siapapun yang melihatnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Wisata Alam Gunung Inierie pulau flores piramida Kerucut