Ini yang Buat Ketagihan, Kopsumer ala Cafe Rumah Dahan di JLS Pacitan

Jurnalis: Maryani
Editor: M. Rifat

12 April 2023 09:11 12 Apr 2023 09:11

Thumbnail Ini yang Buat Ketagihan, Kopsumer ala Cafe Rumah Dahan di JLS Pacitan Watermark Ketik
Kopsumer menjadi andalan para remaja di Pacitan. (Foto: Maryani/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Anda suka ngopi di luar? Ini ada rekomendasi menu yang cocok, yakni Kopsumer (kopi susu krimer) ala Cafe Rumah Dahan. Cafe ini berada di Jalur Lintas Selatan, depan Kantor BPN, Ploso, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Nah, Kopsumer ini menjadi salah satu minuman favorit lantaran memiliki cita rasa pahit espresso dikolaborasi dengan krimer susu hingga menciptakan sensasi rasa berbeda serta aroma harum dan sangat nyaman untuk dinikmati.

Barista Cafe Rumah Dahan Fadilah (26) mengatakan, Kopsumer merupakan salah satu menu andalan cafenya sejak setahun terakhir. Kini inovasi itu berbuah manis karena telah memikat hati para pelanggan, khususnya kawula muda.

"Kopsumer adalah kopi khas ala ndeso sendiri yang dijadikan espresso, kami campur dengan susu yang disteam yang kemudian menjadi creamer untuk menghasilkan cita rasa tersendiri, dan dapat dipesan antara manis sedang atau manis," paparnya, Kamis (11/4/2023) malam.

Menurut Fadilah, meski identik dengan kopi, namun Kopsumer di Cafe Rumah Dahan ini tetap nyaman di lambung. Ada cara khusus agar pencampuran dan pemilihan kopi maupun krimer susu lebih tepat, ini hanya bisa dilakukan oleh barista yang handal dan sudah berpengalaman.

"Kopi adalah salah satu dari banyak zat makanan yang tinggi kafein, dan kafein dalam kopi dapat menyebabkan gejala usus yang dialami, harus pinter mencampurnya saja," terangnya.

Lebih lanjut, Fadilah menerangkan, proses pembuatan tak butuh waktu lama. Sekitar 5-7 menit minuman favorit Kopsumer yang dipesan sudah siap disajikan. Soal rasa bisa menyesuaikan selera.

"Soal rasa, cocok untuk semua kalangan, laki laki maupun perempuan karena bukan melulu kopi tulen," ujarnya.

Foto Pengunjung menikmati Kopsumer di Rumah Dahan JLS Pacitan sembari bersantai (11/4/2023). (Foto: Maryani/Ketik.co.id)Pengunjung menikmati Kopsumer di Rumah Dahan JLS Pacitan sembari bersantai (11/4/2023). (Foto: Maryani/Ketik.co.id)

Selain rasanya lezat dan nikmat, Kopsumer khas Cafe Rumah Dahan harganya cukup bersahabat dengan isi kantong anda, yakni Rp7 ribu per cangkir. Memesannya bisa ditambah dengan aneka camilan mulai dari Rp5 ribu.

"Untuk harga menyesuaikan bahan pokoknya saja, sementara untuk harga kami relatif ekonomis dari kafe-kafe yang lain," kata owner Cafe Rumah Dahan Zainal Arifin (40).

Tak cukup sampai di situ, Kafe yang berada di JLS Kota Pacitan ini juga menyuguhkan suasana estetik perpaduan ranting pohon layaknya dahan menambah kehangatan waktu nongkrong bersama orang terdekat maupun teman.

"Kami pengen membuat tempat yang cukup nyaman untuk mereka ngobrol kemudian berdiskusi terkait masa depan mereka," imbuh pria yang disapa Ari itu.

Seorang pelanggan Cafe Rumah Dahan, Nadya (24), lebih memilih Kopsumer manis midle yang ia nikmati dengan makanan ringan saat mengerjakan tugas kuliah. "Suka rasanya, kalau saya suka yang manisnya sedang tambah beli cemilan, buat temen ngerjain tugas kuliah. Harganya bersahabat sih. Khususnya untuk anak muda," ucapnya.

Selain Kopsumer, di Rumah Dahan Pacitan, anda juga bisa menemukan menu minuman pilihan seperti Kopi Robusta (Bengkulu, Medan, Sidikalang) dan Kopi Arabica (Gayo Aceh, Florist), Cappuccino, Americano, Ala Ndeso Latte, Cappuccino Latte, Hazelnut Latte, Vanilla Latte, Cocopandan Latte dan berbagai minuman atau camilan segar maupun hangat lainnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kopsumer cafe Tongkrongan Rumah Dahan JLS Pacitan pacitan