Ini Mobil Listrik Pesaing Alphard, Sekali Ngecas Tembus 540 KM

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Irwansyah

25 Maret 2023 10:23 25 Mar 2023 10:23

Thumbnail Ini Mobil Listrik Pesaing Alphard, Sekali Ngecas Tembus 540 KM Watermark Ketik
MG Maxus 9 saat tampil di Bangkok International Motor Show (BIMS) 2023. (Foto: autoindustry.com)

KETIK, JAKARTA – Pabrikan otomotif MG Motor memperkenalkan model baru di segmen mobil MPV premium. Dinamakan MG Maxus 9, mobil itu memiliki tongkrongan mirip MPV mewah Toyota Alphard.

Tapi MG Maxus 9 selangkah lebih maju karena sudah mengusung mesin listrik full baterai atau BEV (Battery Electric Vehicle).

MG Maxus 9 meluncur secara perdana pada acara Bangkok International Motor Show (BIMS) 2023. Mobil ini diproduksi oleh SAIC Motor, perusahaan yang juga memproduksi mobil merek Wuling. Di China, mobil ini dikenal dengan nama Maxus Mifa 9.

Dikutip dari laman Paultan, Maxus 9 memiliki panjang 5.270 mm, lebar 2.000 mm, tinggi 1.840 mm, dan jarak sumbu roda 3.200 mm. Maxus 9 lebih panjang karena Alphard memiliki panjang 4.945 mm dan lebar 1.850 mm, serta memiliki jarak sumbu roda yang lebih pendek yaitu 3.000 mm.

MG Maxus 9 dibekali baterai lithium-ion terner dengan kapasitas energi 90 kWh, yang bisa menjangkau jarak 540 km mengikuti standar NEDC. Powertrain listrik di Maxus 9 menampilkan motor yang dipasang di depan dengan tenaga 245 PS (241 dk atau 180 kW) dan torsi 350 Nm.

Foto Interior MG Maxus 9. (Foto: autoindustry.com)Interior MG Maxus 9. (Foto: autoindustry.com)

Baterai Maxus 9 dapat terisi penuh dalam 8,5 jam dengan input AC maksimal 11 kW, atau mengisi daya dari 30-80% dalam waktu sekitar 36 menit dengan pengisi daya cepat DC berkapasitas 120 kW.

Di Thailand, Maxus 9 akan ditawarkan dalam dua kelas, dimulai dengan X. Hadir standar dengan velg 19 inci, lampu depan LED otomatis, lampu day running light, juga lampu belakang LED, sunroof depan, atap kaca belakang panoramik, serta kursi model captain seat pada baris kedua dengan fungsi pijat dan pemanas.

Fitur lainnya ada AC otomatis dengan ventilasi untuk baris kedua dan ketiga, penyaringan udara PM2.5, tampilan kluster instrumen digital 7 inci, charger telepon nirkabel, dan keyless entry and start, delapan speaker dan sistem infotainment layar sentuh 12,3 inci dengan dukungan Android Auto dan Apple CarPlay.

Foto Interior MG Maxus 9. (Foto: autoindustry.com)Interior MG Maxus 9. (Foto: autoindustry.com)

Selanjutnya adalah kelas V, yang dibekali ban run-flat, jok kulit asli, jok depan bertenaga yang ditingkatkan dengan fungsi pijat, pemanas, ventilasi, dan memori sisi pengemudi, kursi captain seat baris kedua bergaya VIP, tampilan belakang digital mirror, empat speaker lagi (total 12) dan sembilan port USB (opsi dasar mendapat tujuh).

Sistem keselamatan untuk X dan V meliputi kontrol stabilitas, ABS, EBD, bantuan rem, hill start assist, penahan rem otomatis (bekerja dengan rem parkir elektronik), kemudian pemantauan tekanan ban atau TPMS, autonomous emergency braking, adaptive cruise control with traffic jam assist, lane departure warning, lane keep assist, lalu blind spot monitoring, rear cross traffic alert, dan panoramic view monitor and all-around parking sensors.

Di Thailand mobil ini dibanderol dengan harga 2,3 juta baht. Itu setara dengan Rp1 Miliar. (*)

Tombol Google News

Tags:

MG Motor Maxus 9 alphard Mobil listrik