Ini Dua Agenda Kongres Biasa PSSI Besok, Minggu 15 Januari

Jurnalis: Ias Abdullah
Editor: M. Rifat

14 Januari 2023 14:26 14 Jan 2023 14:26

Thumbnail Ini Dua Agenda Kongres Biasa PSSI Besok, Minggu 15 Januari Watermark Ketik
Kantor PSSI di Jakarta. (Foto: PSSI.org)

KETIK, JAKARTA Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) akan menggelar Kongres Biasa di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, pada Minggu (15/1). Berikut agenda Kongres Biasa PSSI 2023 pada akhir pekan ini tersebut.

Kongres ini awalnya akan berlangsung pada 7 Januari 2023. Namun waktu pelaksanaan terpaksa diubah setelah menerima surat arahan dari FIFA. Dalam surat itu FIFA minta PSSI menggelar kongres pada 14 Januari.

Keputusan menggelar kongres diambil dalam Emergency Meeting Exco PSSI pada 28 Oktober. Dalam rapat itu Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memutuskan untuk menggelar Kongres Biasa (KB) dan Kongres Luar Biasa (KLB).

Ada dua agenda dalam Kongres Biasa ini, yakni penetapan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP). Sejauh ini sudah ada 10 calon yang diajukan pemilik suara yang berasal dari klub Liga 1, 2, dan serta, serta Asosiasi Provinsi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Yunus Nusi mengatakan kongres akan dimulai pada Sabtu (14/1) untuk registrasi, sedangkan sidang pleno digelar pada Minggu (15/1).

"Agenda kongres seperti biasa. Yang paling penting adalah penetapan Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan," kata Yunus.

Kongres Biasa PSSI 2023 ini direncanakan akan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, perwakilan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia dan Komite Olimpiade Indonesia. Selain itu, juga ada delegasi dari FIFA dan AFC.

"Kongres ini akan diikuti 87 delegasi yang mempunyai hak suara. Nantinya KP dan KBP terpilih akan bekerja untuk memproses menuju kongres pemilihan ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite eksekutif pada 16 Februari 2023." tambah Yunus.

“Semoga Kongres 2023 ini berjalan aman, sukses, dan lancar. Saya juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh delegasi dan sejumlah undangan lainnya yang berkenan hadir,” jelas Yunus Nusi.

Kongres Biasa PSSI 2023 rencananya akan dimulai pada pukul 13.00 WIB. Sesuai dengan Statuta PSSI, agenda yang ditetapkan bersifat mutlak. Tidak ada agenda tambahan seperti pembahasan kompetisi dan lain-lain. Pasalnya agenda ini harus didaftarkan.

Sesuai regulasi, agenda kongres diusulkan pemilik suara atau voters minimal 40 hari sebelum waktu pelaksanaan. Dari masukan pemilik suara, agenda yang dibahas hanya KP dan KBP.

Adapun Kongres Luar Biasa untuk pemilihan Ketua Umum PSSI yang seharusnya berlangsung pada 18 Maret dipercepat menjadi 16 Februari. Agenda utama KLB itu adalah tunggal, yakni pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan anggota Exco.(*)

Tombol Google News

Tags:

PSSI kongres 2023 KLB kb