Terus Bikin Bangga Jawa Timur, Mario Aji Masuk Nominasi DetikJatim Award 2023

Jurnalis: Ias Abdullah
Editor: M. Rifat

26 November 2023 09:47 26 Nov 2023 09:47

Thumbnail Terus Bikin Bangga Jawa Timur, Mario Aji Masuk Nominasi DetikJatim Award 2023 Watermark Ketik
Pembalap grand prix Moto3 kebanggaan Jawa Timur dan Indonesia Mario Suryo Aji. Tahun depan naik kelas ke Moto2. (Foto: Dok. Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Sosok Mario Suryo Aji atau akrab dipanggil Mario Aji merupakan pembalap motor asal Magetan yang saat ini terus mengharumkan nama Jawa Timur dan Indonesia di kancah internasional.

Super Mario-sapaan akrabnya-bakal menapaki babak baru dalam karier balapnya. Pembalap kelahiran 16 Maret 2004 ini hendak naik kelas ke Moto2 pada 2024.

Selama dua musim terakhir Mario Aji tampil di grand prix Moto3 bersama Honda Team Asia. Ia pernah meraih posisi start ketiga dalam kualifikasi Moto3 Mandalika 2022 di sirkuit Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Torehan terbaiknya ialah finis ke-12 dalam Moto3 Amerika 2023. Saat itu dia mencatatkan 4 poin.

Pada musim sebelumnya, Aji sudah mengumpulkan lima poin. Itu menjadikannya pembalap Indonesia tersukses sepanjang sejarah Grand Prix. Meskipun baru dua musim berkompetisi di Moto3, pencapaiannya telah melebihi para pembalap senior Indonesia yang pernah tampil di Grand Prix.

Foto Mario Aji sebelum tampil di GP Indonesia 2023 (15/10/2023). (Foto: Dok Ketik.co.id)Mario Aji sebelum tampil di GP Indonesia 2023 (15/10/2023). (Foto: Dok Ketik.co.id)

Mario Aji mengatakan berlaga di Moto2 bukan perkara mudah pada tahun pertama. Ia akan memanfaatkan jeda di musim dingin untuk terus berlatih.

"Akhirnya, saya dapat memastikan bahwa saya akan pindah ke Moto2 musim depan. Ini adalah berita bagus, saya tidak pernah bersemangat seperti sekarang. Saya menunggu untuk menyelesaikan musim ini dengan baik dan mulai berlatih lebih keras lagi di musim dingin," kata Mario Aji dilansir dari DetikJatim.com.

"Saya tahu langkah ini tidak akan mudah atau bahkan lebih sulit dari tahun lalu, tapi saya menerima tantangan ini. Saya akan berusaha memaksimalkan segalanya di musim dingin. Saya ingin berterima kasih kepada orang-orang yang telah mendukung saya selama tahun-tahun itu. Saya bisa belajar dengan cepat. Itulah targetnya, untuk belajar dan beradaptasi dengan cepat di Moto2," sambungnya.

Pujian pada Mario Aji dilontarkan berbagai pihak. Salah satunya legenda balap MotoGP yang kini menjadi salah satu Race Direction MotoGP, Loris Capirossi. Caprossi melihat potensi pembalap muda tersebut. Apalagi, tahun depan Mario Aji akan naik kelas ke Moto2 dari tahun ini di Moto3.

"Ya, senang melihatnya karena dia cukup besar (secara fisik) untuk (menunggangi motor) Moto2," kata Loris di sela-sela gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 di Sirkuit Pertamina Mandalika beberapa waktu lalu.

Foto Mario Aji bersama bapak asuh Komjen M. Fadil Imran dan Manajer Kiagus Firdaus di sirkuit Mandalika (15/10/2023). (Foto: Dok. ketik.co.id)Mario Aji bersama bapak asuh Komjen M. Fadil Imran dan Manajer Kiagus Firdaus di sirkuit Mandalika (15/10/2023). (Foto: Dok. ketik.co.id)

Diketahui, Mario Aji diberi kesempatan naik kelas ke Moto2 bersama Idemitsu Honda Team Asia mulai 2024. Mario Aji mengisi pos yang ditinggalkan Ai Ogura. Dia cabut dari pantauan Honda, lalu pindah ke Team MT-Helmets MSi di kelas Moto2.

Jebolan Astra Honda Racing Team (AHRT) itu menjadi tandem pebalap Thailand, Somkiat Chantra yang sudah enam musim bersama Idemitsu Honda Team Asia. Mario Aji dijadwalkan akan ikut serta dalam Moto2 2024 selama semusim penuh untuk tim yang dikelola mantan juara dunia 2009, Hiroshi Aoyama.

Hiroshi Aoyama yang menjabat sebagai Team Manager Honda Team Asia mengatakan, Mario Aji punya kemampuan adaptasi yang cepat. Dia memberikan kesempatan kepada pembalap Indonesia itu untuk berada di level lebih tinggi.

"Tentang Mario, dia pindah dari Moto3. Ini akan menjadi tantangan baru baginya. Saya senang memberinya kesempatan ini. Dia melakukan tes dengan Moto2, dan dia menunjukkan adaptasi yang cepat terhadap motor ini. Saya berharap dia akan kompetitif dalam kategori ini," kata Hiroshi Aoyama dalam keterangan resminya dikutip Kamis (12/10/2023).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku bangga dapat mengiringi langkah Super Mario untuk berjuang mengharumkan nama bangsa dan Jawa Timur.

"Kami tentunya bahagia bisa terus mengawal. Ini terasa sekali bagaimana kita semua sebagai bangsa merasa bangga ada anak Indonesia yang melengkapi suksesnya para olahragawan," tutur Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (17/2/2023).

Foto Mario Aji saat tampil di salah satu seri Moto3 2023. (Foto: Dok.Ketik.co.id)Mario Aji saat tampil di salah satu seri Moto3 2023. (Foto: Dok.Ketik.co.id)

Mantan Menteri Sosial RI itu menjelaskan, Pemprov Jatim akan senantiasa memfasilitasi dan mendukung dengan berbagai upaya. Salah satunya, pembangunan sirkuit balap yang diberi nama sesuai dengan Mario di tempat kelahirannya, Magetan.

"Sebetulnya ini memang keinginan kita bersama Bupati Magetan untuk menyiapkan sirkuit. Kenapa di Magetan? Karena Mario dari Magetan dan mudah-mudahan bisa dikerjakan dengan cepat," ungkapnya.

Gubernur perempuan pertama Jawa Timur itu mengajak masyarakat Indonesia dan pihak terkait untuk mendukung Mario sebagai kebanggaan bangsa. Yang lebih penting, langkah Mario tersebut juga harus diiringi doa untuk penguatan dari seluruh skill yang didapatnya selama latihan.

"Saya minta tolong Mario dikawal dan tetaplah bersambung doa, bersambung semangat. Ketika semangat bertemu dengan semangat, akan ada multiplier effect yang akan memberikan dampak positif bagi kita semua," imbuhnya.

Kepada Mario, Khofifah berpesan untuk membawa nama baik Indonesia di mata dunia.

"Untuk Mario Surya Aji, jangan pernah berhenti di sini. Selamat berlaga anakku. Sehat, sukses, dan bawalah harumnya merah putih di mana saja Mario akan berlaga," pesannya.

Atas semua prestasinya itu Mario Aji kini masuk dalam nominasi detikJatim Awards. Ini merupakan ajang penghargaan yang digelar detikJatim sebagai apresiasi kepada para tokoh, komunitas, hingga pemerintah daerah di Jawa Timur atas capaian kinerja dan sumbangsihnya kepada masyarakat. 

Dasar penghargaan dinilai oleh Tim Asesmen berdasarkan beberapa indikator keberhasilan program dan aksi nyata yang telah dilakukan. Edisi perdana detikJatim Awards yang bakal diselenggarakan di Singhasari Resort Kota Batu, Senin, 27 November 2023.(*)

Tombol Google News

Tags:

Mario Aji Moto2 Moto3 MotoGP DetikJatim Award