Ini Agenda dan Jadwal Lengkap KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Marno

9 Mei 2023 05:32 9 Mei 2023 05:32

Thumbnail Ini Agenda dan Jadwal Lengkap KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo Watermark Ketik
Menlu RI Retno Marsudi menyambut Sekjen ASEAN Kao Kim Hourn, (8/5/2023). (Foto: asean2023.id)

KETIK, MANGGARAI BARAT – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 ke-42 digelar 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Rangkaian kegiatan KTT ASEAN Ke-42 tahun 2023 di Labuan Bajo dilaksanakan dengan delapan agenda pertemuan. Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan tujuh dari delapan pertemuan tersebut nantinya dipimpin Presiden Joko Widodo.

Pertemuan yang akan dipimpin Jokowi saat KTT adalah Sesi Pleno. Yaitu pertemuan dengan wakil-wakil dari ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), ASEAN Youth, ASEAN Business Advisory Council (ABAC).

Lalu High-Level Task Force on ASEAN Community Post-2025 Vision (HLTF-ACV), sesi retreat KTT. Serta KTT ke-15 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Sementara satu pertemuan lainnya yaitu KTT ke-15 Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) secara rotasi akan dipimpin Perdana Menteri Malaysia.

Para Pemimpin ASEAN juga akan memenuhi undangan Presiden RI pada Sunset Viewing dan Welcoming Dinner pada 10 Mei 2023. Spouse Programme juga dipersiapkan sebagai rangkaian program bagi para Pendamping Pemimpin ASEAN.

Side event berupa Festival Rakyat oleh Kementerian BUMN dan Kemenparekraf juga akan berlangsung. Agenda ini mencakup berbagai showcase produk UMKM lokal, beach clean-up dan pertunjukan budaya.

Berikut jadwal dan agenda yang akan diselenggarakan di KTT ASEAN ke-42:

AGENDA:

- Coordinating Conference on the ASEAN Socio-Cultural

- Community (SOC-COM)

- Prep SOM for IMT-GT Summit

- Prep SOM for BIMP-EAGA Summit

- 34th Meeting of the Senior Officials Committee for the ASEAN Socio-Cultural Community

- Preparatory Senior Officials' Meeting (SOM) for the 42nd -ASEAN Summit

- ASEAN Foreign Ministers' Meeting (AMM)

- 26th ASEAN Political-Security Community (APSC) Council Meeting

- 29th ASEAN Socio-Cultural Community Council (ASCC) Meeting

- 3rd ASEAN Coordinating Council ASEAN Leaders' Interface with AIPA

- ASEAN Leader's Interface with Youth Representative

- ASEAN Leaders' Interface with ASEAN BAC

- 15th IMT-GT Summit

- 15th BIMP EAGA Summit

- 42nd ASEAN Summit.

JADWAL:

10 Mei 2023

Pemimpin negara ASEAN tiba di Hotel Meurorah menghadiri pembukaan KTT ASEAN ke-42. Agenda dilanjutkan dengan pertemuan para pemimpin negara dengan ASEAN Interparliamentary Assembly (AIPA).

Tiga agenda terus berlanjut di tempat yang sama yaitu pertemuan Pemimpin ASEAN dengan ASEAN Youth, ASEAN Business Advosory Council, dan High-Level Task Force on ASEAN Community Post-2025 Vision.

Seperti diketahui, Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya akan melaksanan Masyarakat Ekonomi ASEAN pada 2025.

Malam harinya, Presiden Jokowi akan menjamu pemimpin ASEAN serta tamu delegasi lainnya untuk makan malam di Hotel Ayana Komodo Waecicu Beach. Selain masakan Nusantara, tamu KTT ASEAN juga akan disuguhkan pagelaran budaya Indonesia.

11 Mei 2023

Pada hari kedua, agenda ASEAN Summit digelar kembali di Hotel Meurorah. Setelah itu, Presiden Joko Widodo dijadwalkan menghadiri Pertemuan Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle atau IMT-GT.

Sebagai informasi, IMT-GT ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah perbatasan tiga negara tersebut.

Presiden RI Joko Widodo akan menutup rangkaian KTT ASEAN ke-42 dengan konferensi pers kepada ratusan wartawan nasional dan asing di Hotel Bintang Flores.

Hotel tersebut merupakan lokasi media center bagi ratusan wartawan dari berbagai media yang terverifikasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

9-13 Mei 2023

Selain acara utama tersebut, terdapat juga side event berupa Festival Rakyat oleh Kementerian BUMN dan Kemenparekraf pada 9-13 Mei 2023. Agenda tersebut mencakup berbagai showcase produk UMKM lokal, beach clean-up dan pertunjukan budaya.(*)

Tombol Google News

Tags:

KTT ASEAN 2023 Labuan Bajo