Ini 5 Destinasi Wisata Hidden Gem Terbaru versi Agoda

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

10 Januari 2024 06:05 10 Jan 2024 06:05

Thumbnail Ini 5 Destinasi Wisata Hidden Gem Terbaru versi Agoda Watermark Ketik
Pantai Anyer. (Foto: travelasik)

KETIK, JAKARTA – Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki beragam destinasi wisata. Hal ini tentu saja tidak lepas dari letak geografis Indonesia yang membuatnya memiliki penampakan alam yang cantik dan mempesona. Mulai dari pegunungan, hutan yang hijau, pantai yang indah dan flora dan fauna yang unik. 

Berangkat dari hal tersebut platform perjalanan digital, Agoda baru saja merilis daftar 'New Horizons' pertama pada 8 Januari 2024. Daftar tersebut menampilkan destinasi-destinasi yang sedang naik daun di Indonesia.

Meskipun destinasi wisata populer seperti Bali, Bandung Dan Yogyakarta bisa dibilang masih menjadi favorit. Namun beberapa tempat lain tampaknya mulai dilirik untuk dijadikan pilihan berwisata.

Senior Country Director - Indonesia di Agoda,  Gede Gunawan mengatakan jika penetapan daftar ini berdasarkan pada data yang dikumpulkan dari tahun ke tahun yang mengutamakan tempat wisata kurang populer yang jumlah kunjungannya semakin meningkat.

"Meski destinasi terpopuler di Indonesia terus menarik perhatian, kami mengamati adanya peningkatan pencarian untuk beberapa tempat yang kurang dikenal selama setahun terakhir," jelas Gede dalam keterangan tertulis, Selasa (9/1/2024).

Tujuan dari perilisan ini adalah untuk memberikan pilihan bagi para wisatawan untuk mengekplor hidden gem atau tempat wisata kurang populer, agar wisatawan bisa mendapatkan pengalaman berlibur yang baru.

Dalam daftar yang dirilis terdapat Anyer yang menduduki posisi puncak dengan peningkatan pencarian sebesar 52 persen. Disusul Balikpapan yang berada di tempat kedua dengan angka 47 persen. Kemudian ada Bandar Lampung yang mengalami peningkatan 43 persen. Lalu ibukota Sumatera Selatan, Palembang di angka 41 persen dan terakhir Bekasi dengan peningkatan 40 persen.

Foto Gunung Krakatau. (Foto: Wikimedia Commons/Uprising)Gunung Krakatau. (Foto: Wikimedia Commons/Uprising)

1. Anyer

Terletak di pesisir barat pulau Jawa, Anyer memiliki banyak pantai yang cantik. Ditambah dengan letaknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta membuatnya berada di posisi pertama.

2. Balikpapan

Sementara itu kota terbesar di Kalimantan, Balikpapan berada di posisi kedua karena selain pantai yang cantik, kota ini juga memiliki hutan lebat dan aneka keragaman hayati yang menarik untuk di eksplorasi.

3. Bandar Lampung

Lebih lanjut di ujung pulau Sumatera, Kota Bandar lampung kota ini memiliki Taman Nasional Way Kambas dan juga wisata pantai yang cantik dan juga Gunung Krakatau yang legendaris.

4. Palembang

Sementara itu Kota Palembang dikenal memiliki aneka ragam kuliner lezat ditambah dengan tradisi yang menarik. Kota ini juga memiliki banyak tempat bersejarah salah satunya jembatan Ampera.

5. Bekasi

Terakhir Bekasi dipilih karena letaknya yang bersebelahan dengan Ibukota Jakarta memiliki beragam fasilitas yang mendukung kehidupan khas perkotaan. Kota ini memiliki banyak mall, fasilitas pendidikan hingga tempat hiburan.

"Daftar ‘New Horizons’ Indonesia kami mencerminkan perkembangan minat wisatawan dalam menemukan pengalaman yang beragam dan kaya yang ditawarkan Indonesia," pungkas Gede.(*)

Tombol Google News

Tags:

Wisata hidden gem Destinasi baru Agoda New Horizons Anyer Balikpapan Bekasi Bandar Lampung Palembang