Ingin Mudik Bersama Anak, Gunakan Tips Ini Agar Si Kecil Tak Rewel

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

8 April 2024 00:15 8 Apr 2024 00:15

Thumbnail Ingin Mudik Bersama Anak, Gunakan Tips Ini Agar Si Kecil Tak Rewel Watermark Ketik
Ilustrasi mudik bersama anak. (Foto: Freepik)

KETIK, JAKARTA – Membawa serta anak-anak untuk mudik ke kampung halaman memang cukup merepotkan. Hal ini lantaran anak mudah sekali rewel apalagi saat menempuh perjalanan panjang.

Oleh sebab itu orang tua dituntut untuk melakukan persiapan agar perjalanan mudik yang panjang bersama si kecil dapat terasa aman dan nyaman. 

Dilansir dari beragam sumber berikut ini, beberapa tips yang bisa dilakukan oleh orang tua saat mudik bersama anak-anak.

 

1. Buat daftar barang bawaan

Mudik bersama anak-anak sudah pasti banyak sekali barang bawaan yang harus dipersiapkan. Oleh sebab itu agar tidak bingung orang tua harus membuat daftar apa saja barang yang harus dibawa saat mudik nanti.

Beberapa barang yang wajib dibawa contohnya seperti dokumen penting (KTP, Paspor, dll), makanan, minuman, mainan anak, hingga obat-obatan. 

 

2. Bawa perlengkapan bayi

Bagi orang tua yang masih memiliki bayi, sudah pasti harus turut serta membawa beragam keperluan si kecil selama perjalanan agar tidak rewel. Barang-barang yang perlu dibawa antara lain adalah baju, popok, botol susu, tisu basah & kering, jaket, dan baju ganti.

Jangan lupa bawa juga susu sapi instan, alat pompa asi, camilan/makanan bayi, alat makan, mainan, hingga minyak telon.

 

3. Pilih alat transportasi yang nyaman 

Sarana transportasi menjadi hal pertama yang wajib anda perhatikan sebelum memutuskan akan mudik bersama bayi Anda.

Pasalnya, kita akan berada dalam alat transportasi tersebut selama berjam-jam. Jika kendaraan yang dipakai membuat bayi sesak hingga ketakutan, ada baiknya orang tua menggunakan alat transportasi lainnya.

 

4. Bawa stroller dan gendongan

Saat membawa serta anak untuk mudik lebaran, ada kalanya orang tua harus menggendong anaknya selama menempuh perjalanan. Hal ini tentu saja sangat melelahkan, oleh sebab itu jangan lupa untuk membawa stroller atau gendongan agar orang tua tidak cepat merasa lelah selama perjalanan mudik.

 

5. Manfaatkan rest area

Anak-anak mudah bosan & rewel. Begitu pula dengan orang tuanya jika sudah kelelahan. Oleh sebab itu disarankan untuk sering mengambil jeda istirahat secara teratur di rest area, kemudian turun untuk sekedar berjalan-jalan, mencari makan, atau ke toilet.(*)

Tombol Google News

Tags:

Mudik bersama anak lebaran Kampung Halaman Perlengkapan anak rewel orang tua