Ikuti Aturan KLHK, Mulai 2024 Pertamina Hanya Jual 3 Jenis BBM

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

4 September 2023 15:30 4 Sep 2023 15:30

Thumbnail Ikuti Aturan KLHK, Mulai 2024 Pertamina Hanya Jual 3 Jenis BBM Watermark Ketik
Pengisiam BBM di SPBU Pertamina. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Sejalan dengan rencana menghapus BBM jenis Pertalite mulai 2024, ke depan PT. Pertamina (Persero) hanya akan menjual 3 jenis BBM ke publik.

Ketiga BBM tersebut adalah Pertamax Green 92, Pertamax Green 95, dan Pertamax Turbo.

"Nanti tahun depan hanya ada 3 produk (BBM) yang kami jual," ujar Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, Rabu (4/9/2023).

Dari ketiga BBM tersebut baru Pertamax Turbo yang saat ini tersedia di pasaran. Pertamax Turbo sendiri merupakan produk unggulan dari Pertamina dengan kandungan RON tertinggi yakni 98.

Disusul dengan Pertamax Green 95 yang merupakan campuran dari Pertamax dengan 8 persen etanol. Dan terakhir ada Pertamax Green 92 yang merupakan kombinasi antara Pertalite dengan 7 persen bioetanol (E7).

"Jadi, ada 2 green gasoline, green energy, low carbon yang jadi produk baru dari Pertamina," tambahnya.

Mengacu pada peraturan menteri KLHK nomor P.20 tahun 2017, minimal bensin yang dijual di Indonesia haruslah beroktan 91. Pertamina pun akan menghapus Pertalite yang memiliki kandungan RON 90 yang memiliki emisi karbon cukup tinggi.

Emisi Karbon yang tinggi akan berdampak buruk terhadap kebersihan lingkungan terutama udara. Selain itu aturan ini juga untuk kewajiban kandungan Bioetanol bisa dipenuhi, dan Impor gasoline bisa dikurangi.

“Karena aturan KLHK oktan number yang boleh dijual di Indonesia minimum 91. Jadi ini sudah sangat pas," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

BBM Pertamina Pertamax Green Pertamax Turbo KLHK Emisi karbon Lingkungan