HUT Ngawi ke-665, Bupati dan Rombongan Ziarah ke Makam Adipati Kertonegoro, Tahun Ini Dikemas Beda

Jurnalis: Ian Alfatih
Editor: Eko Suprayitno

5 Juli 2023 00:15 5 Jul 2023 00:15

Thumbnail HUT Ngawi ke-665, Bupati dan Rombongan Ziarah ke Makam Adipati Kertonegoro, Tahun Ini Dikemas Beda Watermark Ketik
Bupati Ony Anwar Harsono dan Wakil Bupati Dwi Rianto Jatmiko saat ziarah ke malam para pemimpin NGawi Terdahulu. (Foto: Instagram Mas Ony Anwar)

KETIK, NGAWI Menjelang peringatan Hari Jadi Ngawi ke 665 forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) setempat melakukan ziarah makam para pemimpin Ngawi terdahulu.

Ziarah makam leluhur menjelang HUT Ngawi ke 665 merupakan momentum penting dan sakral untuk mengenang jasa dan mendoakan para leluhur khususnya para pemimpin Ngawi di masa lampau.

Ziarah makam leluhur ini dipimpin langsung oleh Bupati Ngawi Ony Anwar, Wabup Dwi Rianto Jatmiko beserta para kepala OPD di Lingkungan pemkab Ngawi dan Forkopimda.

‘’Alhamdulillah, saya bersama Mas Antok, Forkopimda, dan jajaran OPD bisa melaksanakan ziarah makam leluhur untuk mendoakan arwahnya semoga diterima disisi Allah Subhanahuwata’ala dengan amal baiknya. Dan, kita bisa meneladani yang telah mereka perbuat untuk Kabupaten Ngawi lebih baik lagi,’’ kata Bupati Ony Anwar Harsono.  

Ziarah makam ini diawali di makam R.T Poerwodiprodjo berada di Makam Islam Kauman atau belakang Masjid Agung Ngawi. Bupati dan rombongan berdoa dan tabur bunga bersama.

Selanjutnya ziarah diarahkan ke ke makam Raden Patih Pringgokoesoemo di Ngawi Purba. Yang berbeda tahun ini, adanya kirap keprabon yang sehari sebelumnya diberangkatkan Bupati Ony Anwar Harsono  untuk menyiapkan uborampe dan diarak bersama masyarakat.

‘’Selanjutnya kita menyusul senopati yang kemarin kita kirim untuk membawa oborampe untuk di arak bersama masyarakat yang membawa tumpeng hasil bumi Ngawi Ramah sampai ke pesarean dalem Raden Kanjeng Tumenggung Kertonegoro yang berada di Puncak Sine,’’ paparnya.

Mas Ony mengatakan senopati yang dikirim tersebut diperintahkan singgah di beberapa tempat. Mulai Teguhan dan Jogorogo karena dua lokasi tersebut selama ini disakralkan oleh masyarakat sekaligus ebagai  cikal bakal berdirinya Kabupaten Ngawi.

‘’Ziarah makam kali ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, karena sebelum menuju makam Kertanegoro, bupati dan rombongan melakukan kirab Budaya Kertonegoro dan diadakan gununungan sedekah hasil bumi,’’ ungkapnya.

Tak heran masyarakat sekitar yang dilalui rute gunungan sedekah hasil bumi sudah bergerombol dipinggir jalan untuk memperebutkan gunungan hasil bumi, sekaligus bertatap muka dengan Bupati Ony Anwar Harsono serta Wabup Dwi Rianto Jatmiko.

Banyak warga yang merindukan sekaligus mengelu-elukan nama keduanya. Sebagian berebut ingin berfoto bersama dan bersalaman.

Tak hanya itu para pelakar mulai SD hingga SMA-SMK turut menyambut kedatangan para pimpinan daerah di Ngawi ini.

Sementara bupati dan rombongan berdoa dan tabur bunga di makam Raden Adipati Kertonegoro dan kegiatan ziarah makam leluhur Ngawi berakhir di TPU Jabal Kadas Hargomulyo Ngrambe yang merupakan makam Patih Ronggo Lelono dan Putri Cempo.

‘’Kegiatan ini merupakan wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT, dan berterima kasih kepada leluhur yang sudah berjuang untuk kemerdekaan dan kesejahteraan warga masyarakat khususnya di Kabupaten Ngawi,’’ tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

HUT Ngawi ke 665 Ning Ngawi AE Ngawi Ramah Adipati Kertonegoro Ony Anwar Harsono Ngawi Spektakuler Ngawi Ngangeni Ngawi Asik Dwi Rianto Jarmiko