HUT ke-455 Kabupaten Madiun, Kaji Mbing Sebut Pemkab Sukses Antarkan Ratusan Desa Jadi Maju-Mandiri

Jurnalis: Dimas Cheppy Rusadhi
Editor: Eko Suprayitno

18 Juli 2023 13:15 18 Jul 2023 13:15

Thumbnail HUT ke-455 Kabupaten Madiun, Kaji Mbing Sebut Pemkab Sukses Antarkan Ratusan Desa Jadi Maju-Mandiri Watermark Ketik
Rapat paripurna istimewa dalam rangka Memperingati Hari Jadi Kabupaten Madiun ke-455 Tahun, Bupati Madiun sampaikan capaian kinerja. (Foto: Dimas Cheppy)

KETIK, MADIUN Segudang keberhasilan dalam kinerja pembangunan Kabupaten Madiun diungkap Bupati H Ahmad Dawami Ragil Saputra bertepatan dengan Hari Jadi yang ke-455.

Bupati Madiun bahkan membuka progres kinerja penyelanggara pemerintah daerah yang merupakan penjabaran dari visi dan misinya saat nyalon dulu.

Tak tanggung-tanggung, ada 27 indikator kinerja pembangunan penyelanggaraan pemerintahan Kabupaten Madiun yang mengalami peningkatan progres positif. Mulai dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM), pertumbuhan ekonomi, PDRB dan masih banyak lagi.

"Capaian kinerja pembangunan daerah ini harus saya sampaikan karena ini momentum yang baik untuk menyemangati semuanya yang selama ini ikut berperan aktif dalam mewujudkan capaian ini,’’ terang Bupati Ahmad Dawami menyampaikan paparannya dalam Rapat Paripurna Istimewa memperingati hari jadi ke 455 Pemkab Madiun di DPRD setempat Selasa (18/7/2023).

Kaji Mbing-sapaan akrab Bupati Madiun mengatakan pertumbuhan ekonomi kabupaten Madiun tahun 2022 mencapai 4,56 persen, atau naik 1,2 poin dibandingkan 2021. Kemiskinan juga berhasil diturunkan dari 11,91 persen tahun 2021 menjadi 10,79 persen di tahun 2022 atau turun 1,12 poin.

"Indeks Pembangunan Manusia yang meliputi pelayanan pendidikan, kesehatan, kehidupan yang layak tahun 2022 tercapai 72,39 atau kategori tinggi dan ini terjadi kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya,’’ ungkapnya

Tak hanya itu, reformasi birokrasi, indeks toleransi, solidaritas, nilai tingkat maturitas SPIP juga mengalami kenaikan.

"Budaya daerah telah tercapai 100 persen,’’ ujarnya.

Selain itu, Pemkab Madiun mendapat 10 kali opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPKP atas laporan keuangan APBD 2023. Pun SAKIP juga mendapat predikat BB.

"Indeks kepuasan masyarakat sebesar 83,34 di tahun 2022 atau naik dibandingkan 2021 yang sebesar 81,09,’’ paparnya.

Pemkab Madiun, lanjut Kaji Mbing juga sukses mengantarkan 94 desa Mandiri dan 104 desa maju.

"Sehingga tidak ada lagi desa berkembang dan desa tertinggal di Kabupaten Madiun," ungkapnya

Dalam paripurna istimewa itu, Kaji Mbing juga menyampaikan sejumlah penghargaan dari pemerintah pusat maupun pemprov Jatim yang diraih selama 2022.

"Peringatan Hari Jadi ke 455 tahun ini mengambil tema kebersamaan untuk kesejahteraan mengandung makna semangat berkolaborasi dalam keberagaman dan bersatu, adaptif serta memberikan karya terbaik dalam menyosongsong Kabupaten Madiun yang maju dan sejahtera,’’ paparnya.

Bupati Ahmad Dawami juga mengucapkan kasih sebesar-besarnya kepada seluruh anggota dewan di Kabupaten Madiun, instansi vertikal, dan semua pihak dalam mendukung target yang dicanangkan, serta berupaya keras, kontribusi nyata mewujudkan kemajuan Madiun.

"PR-nya merawat capaian yang sudah ada,’’ tambahnya

Diakui Kaji Mbing, setiap tahun permasalahan yang dihadapi selalu berubah, hingga pihaknya menentukan skala prioritas untuk mengurainya.

‘’Masalah itu tiap tahun ganti butuh perencanaan yang sangat baik kita mempertahankan capaian itu,’’ tambahnya.

Ketua DPRD Kabupaten Madiun Fery Sudarsono mengatakan sejarah Madiun begitu luar biasa, banyak pelajaran yang dapat dipetik oleh generasi penerus.

‘’Sebagai generasi penerus,sejarah perjalanan kabupaten Madiun sejarah tersebut dapat dijadikan pelajaran setiap generasi dimasa yang akan datang,’’ katanya.

Fery menambahkan meski Pemkab Madiun menyampaikan capaian-capaian kinerja pemerintah daerah, namun dia menilai masih ada PR yang belum selesai lantaran ada beberapa indikator capaian kinerja yang belum 100 persen.

‘’Untuk yang sudah tercapai semoga dipertahankan, dan masih banyak pekerjaan rumah yang belum diselesaikan,’’ pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Capaian Kinerja Kabupaten Madiun APBD Madiun Bupati Kaji Mbing Ahmad Dawami ragil Saputra Fery Sudarsono IPM Madiun Madiun Kampung Pesilat Madiun Kota Pendekar Madiun Hari Ini