Hati-Hati, Inilah Bahaya Menahan Kecing Bagi Kesehatan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

4 September 2023 12:23 4 Sep 2023 12:23

Thumbnail Hati-Hati, Inilah Bahaya Menahan Kecing Bagi Kesehatan Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Seringkali kadang kala saat sedang sibuk, kita menahan kencing karena tidak punya waktu atau terlalu malas ke toilet. Lama kelamaan hal ini akan menjadi kebiasaan yang dapat berdampak negatif bagi tubuh.

Menahan buang air kecil bukanlah hal sepele, hal ini bida menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang tentunya akan merugikan anda. Berikut ini adalah berbagai masalah kesehatan yang akan timbul jika terlalu sering menunda buang air kecil, simak penjelasannya.

1. Infeksi Saluran Kemih

Hal pertama yang bisa terjadi karena sering menunda kencing adalah infeksi saluran kemih. Hal ini terjadi karena bakteri yang terkandung pada air kencing akan berkembang biak dan menginfeksi saluran kemih. Sehingga akan muncul peradangan dan infeksi serius yang menyebabkan rasa sakit.

2. Ginjal Rusak

Mungkin sudah banyak orang yang tau jika sering menahan kencing makan akan meningkatkan kerusakan ginjal. Hal ini terjadi karena ginjal akan terkontaminasi tekanan urin secara terus menerus. Sehingga struktur ginjal menjadi rusak dan akhirnya fungsi ginjal menjadi terganggu.

3. Inkontinensia Urin

Jika sering menahan kencing akan membuat kandung kemih kehilangan elastisitasnya. Hal ini terjadi karena terlalu sering menunda buang air kecil sehingga akan membuat kesulitan mengontrol kencing sewaktu-waktu.

4. Kerusakan Otot Pelvic Floor

Kandung kemih terdiri dari beberapa otot salah satunya Pelvic Floor. Jika sering menahan kencing akan merusak otot tersebut mengakibatkan masalah seperti prolaps organ panggul. Di mana hal ini dapat sangat mengganggu dan memerlukan perawatan medis.

5. Rasa Nyeri yang Tidak Nyaman

Sering menahan buang air kecil akan membuat kamu menderita nyeri di kandung kemih yang membuat rasa tidak nyaman. Rasa nyeri ini akan muncul saat kamu akhirnya memutuskan buang air kecil setelah sekian lama menahannya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kencing kesehatan nyeri saluran kemih urine