Hari Kelima Puasa, Khofifah Bagikan Telur untuk Ibu Hamil dan Beras untuk Lansia

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

17 Maret 2024 01:53 17 Mar 2024 01:53

Thumbnail Hari Kelima Puasa, Khofifah Bagikan Telur untuk Ibu Hamil dan Beras untuk Lansia Watermark Ketik
Khofifah Indar Parawansa membagikan telur kepada lansia secara gratis, Sabtu (16/3/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Memasuki puasa ke lima di Bulan Ramadan, Khofifah Indar Parawansa membagikan telur gratis kepada ibu hamil dan anak anak. Selain itu, wanita yang juga menjadi ketua umum PP Muslimat NU ini membagikan beras kepada kaum duafa serta lansia yang berusia 65 tahun ke atas.

“Berbagi telur untuk anak-anak dan ibu hamil adalah upaya untuk mencegah stunting. Karena kita tahu kandungan protein dalam telur itu tinggi dan bermanfaat untuk mencegah stunting,” ucap Khofifah, Sabtu (16/3/2024).

Tidak hanya ibu hamil, mantan mentri sosial ini juga memperhatikan lansia untuk memenuhi kebutuhan makannya selama Bulan Ramadan.

“Begitu juga dengan membagikan beras gratis bagi lansia. Harapannya lansia bisa terbantu memenuhi kebutuhan beras yang saat ini harganya masih relatif tinggi,” terang Khofifah.

Selain itu, Muslimat NU bekerja sama dengan Dinas Perdagangan Provinsi Jawa Timur menggelar Pasar Murah bagi warga masyarakat di Kecamatan Wonocolo. Pasar Murah ini dilakukan untuk meringakan beban masyarakat ditengah harga sembako yang tinggi dengan harga lebih terjangkau bagi masyarakat.

Mulai dari beras medium dengan kemasan 5 kg dijual dengan harga Rp 54 ribu,  minyak goreng Minyak Kita dengan harga Rp 14 ribu, telur dengan harga Rp 27 ribu per kg, gula pasir Rp 16 ribu per kg dan  tepung teriigu Rp 10 ribu per kg.

Lantaran pasar murah ini menyediakan sembako dengan harga yang jauh lebih murah dibanding harga pasar, sontak menarik perhatian masyarakat. Tampak di lokasi masyarakat berbaris sabar mengantre untuk bisa membeli item sembako yang dibutuhkan. Khofifah bahkan turun sendiri untuk melayani.

“Hari ini ada dua kegiatan yang dilakukan bersama dengan Muslimat NU Surabaya. Yang pertama adalah santunan lansia dhuafa, dan yang kedua adalah pasar murah untuk warga sekitar Wonocolo. Namun yang terkonfirmasi ke kami, ternyata yang datang sampai dari Sidoarjo karena ada woro woro nya,” kata Khofifah Indar Parawansa.

Gubernur Jatim periode 2019-2024 ini menegaskan pasar murah ini digelar dengan harapan bisa menjadi solusi bagi masyarakat agar bisa mengakses sembako dengan harga terjangkau.

Foto Khofifah tanpa henti memberikan beras kepada lansia untuk memperoleh gizi yang bagus selama bulan ramadan, Sabtu (16/3/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)Khofifah tanpa henti memberikan beras kepada lansia untuk memperoleh gizi yang bagus selama bulan ramadan, Sabtu (16/3/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

 “Kita ingin memberikan solusi dari yang kita dengar hari ini sembako hampir di luar daya jangkau masyarakat yang kurang mampu. Maka kita ingin dekatkan lewat Pasar Murah ini,” tegas Khofifah.

Rumah Khofifah yang ada di Jalan Jemursari ini sejak awal ramadan menggelar acara pengajian dan pemberian santunan kepada anak yatim dan duafa. Selama acara berlangsung, beberapa ulama kondang untuk hadir memberikan tausiyah kepada jamaah.

Khofifah mengundang ulama besar asal Turki yaitu Maulana Assayyid Assyarif Syeikh Prof Dr Muhammad Fadhil Al-Jilani Al-Hasani untuk mendoakan jemaah secara daring. Syekh Muhammad Fadhil Al-Jilani adalah cicit generasi ke-25 dari Sulthanul Auliya Syekh Abdul Qadir al-Jailani.

Seorang ulama termasyhur yang pernah menghadiahkan 6 jilid lengkap kitab tafsir Al-Jailani saat kunjungan di Gedung Negara Grahadi. Itu ketika Khofifah menjabat sebagai Gubernur Jatim. Pada momen khusyuk selepas maqalul qiyam, asisten langsung menyambungkan komunikasi melalui zoom meeting dengannya.

Para jemaah serentak mengamini bait doa demi doa. Tak lupa, membawa pulang sebuah ijazah khusus Shalawat Nabi yang dianjurkan dibaca sebanyak 313 kali dalam sehari. (*)

Tombol Google News

Tags:

Khofifah Indar Parawansa Khofifah Pasar Murah bulan Ramadan ibu hamil dapat telur gratis