Harga Murah, Warga Serbu Operasi Pasar TPID Kabupaten Malang di Pasar Dampit

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

4 April 2024 12:56 4 Apr 2024 12:56

Thumbnail Harga Murah, Warga Serbu Operasi Pasar TPID Kabupaten Malang di Pasar Dampit Watermark Ketik
Bupati Malang Sanusi bersama Kadisperindag Kabupaten Malang M Nur Fuad Fauzi ketika Operasi Pasar di Dampit. (Foto : Gumilang/Ketik.co.id).

KETIK, MALANG – Ratusan warga menyerbu hari terakhir pelaksanaan operasi pasar yang digelar Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID Kabupaten Malang menggelar operasi pasar di Pasar Dampit, Kamis (4/4/2024).

Operasi pasar itu ditinjau langsung oleh Forkopimda Kabupaten Malang. Di antaranya, Bupati Malang, Sanusi, Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana dan Dandim 0818 Kabupaten Malang, Letkol Inf Yuda Sancoyo.

Sejumlah komoditas pokok yang menjadi kebutuhan masyarakat jelang Hari Raya Idul Fitri dijual dengan harga murah. Diantaranya Beras SPHP sebanyak 7 ton dijual Rp 51 ribu/kilogram.

Selanjutnya ada Minyak Kita sebanyak 480 liter dijual di operasi pasar sebesar Rp 13 ribu, dari harga pasar Rp 17-19 ribu. Gula PG Kebonagung sebanyak 1 ton pada operasi pasar dijual Rp 16 ribu/kilogram, harga pasar Rp 17 ribu/kilogram.

Kemudian, telur sebanyak 150 kilogram dijual pada operasi pasar sebesar Rp 23 ribu/kilogram lebih murah dari harga pasar Rp 26 ribu/kilogram. Bahkan khusus gula, oleh Bupati Malang Sanusi kembali disubsidi menjadi Rp 20 ribu/kilogram.

Bupati Malang, Sanusi mengatakan, operasi pasar yang digelar oleh TPID Kabupaten Malang tersebut bertujuan untuk menstabilkan harga jual sembako. Terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri maupun libur Lebaran tahun ini.

"Saya bersama Forkopimda mendapat tugas dari Presiden Joko Widodo melalui Instruksi Presiden untuk pengendalian inflasi agar barang-barang kebutuhan di pasar ini cukup dan harganya terjangkau," ujar Bupati Malang Sanusi kepada Media nasional Ketik.co.id.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan adanya operasi pasar ini masyarakat lebih mudah. "Masyarakat menjadi terbantu dengan adanya Operasi Pasar ini," sebutnya.

Sementara itu, Kadisperindag Kabupaten Malang M Nur Fuad Fauzi mengatakan, ini merupakan operasi pasar hari terakhir di Kabupaten Malang. Sebelumnya juga telah dilakukan kegiatan yang sama di wilayah lainnya.

"Sebelumnya sudah ada delapan wilayah yang telah dilakukan Operasi Pasar. Sedangkan Dampit ini merupakan tempat terakhir pelaksanaan Operasi Pasar," ucapnya di tempat sama.

Dia mengatakan, tujuan digelarnya operasi pasar ini adalah untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga murah dan terjangkau. Serta menstabilkan harga jual sembako agar tidak melambung tinggi. (*)

Tombol Google News

Tags:

Operasi Pasar Pasar Dampit TPID Kabupaten Malang