Hadirkan Update Terbaru, Berikut Perbedaan Nintendo Switch V2 dan V1

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

6 Januari 2023 08:49 6 Jan 2023 08:49

Thumbnail Hadirkan Update Terbaru, Berikut Perbedaan Nintendo Switch V2 dan V1 Watermark Ketik
Ilustrasi Nintendo Switch (Foto: Pixabay)

KETIK, SURABAYA – Sebagai salah satu konsol game legendaris yang disukai banyak orang, Nintendo selalu berinovasi. Itu dengan mengupgrade produk mereka menjadi lebih modern dan selalu mengikuti perkembangan teknologi.

Misalnya pada Nintendo Switch. Produk ini telah mendapat berbagai pembaruan di versi keduanya. Tetapi, banyak dari kita yang mungkin masih bingung perbedaan antara Nintendo Switch V1 dan V2. Mulai dari spesifikasi, tampilan, hingga harganya. 

Itu karena memang tampilan keduanya terlihat mirip. Padahal, Nintendo Co., Limited, selaku produsen memberikan sejumlah upgrade dari versi lama yang rilis 2017 lalu dengan Switch V2 edisi 2021. Perbedaan keduanya sendiri berada pada spesifikasi penggerak dan fitur saat dimainkan. 

Berikut ini adalah perbedaan antara Nintendo switch V2 dan V2:

1. Prosesor yang lebih canggih

Perbedaan pertama ada pada otak yang mengatur seluruh fungsi konsol. Nintendo Switch V1 menggunakan prosesor Nvidia Tegra X1 dengan clock speed 1 GHz. Sementara versi terbarunya, Nintendo Switch V2, menggunakan Nvidia Tegra X1+ dengan clock speed 1,7 GHz.

Sebagai produk yang baru tentu saja V2 dibekali dengan prosesor yang lebih canggih dari pendahulunya agar dapat memberikan pengalaman bermain yang lebih baik.

2. Tampilan dan pilihan warna

Mesti terlihat sama, namun tentu saja terdapat perbedaan pada tampilan antara V1 dan V2. Perbedaannya ada pada penambahan logo Nintendo di bagian belakang serta perubahan warna di bagian atas dan bawah konsol.

Selain itu, Switch V2 juga memiliki Joy-Con atau perangkat kontrol dengan beberapa pilihan warna. Ada biru-merah khas Nintendo serta warna perak yang tidak mencolok. Antena pada Switch V2 pun dipindah ke lokasi lain. Perubahan ini tidak hanya untuk estetika belaka tetapi memang berdampak positif pada konektivitas yang diberikan.

3. Daya pakai baterai

Sebagai produk yang lebih baru V2 tentu saja dibekali dengan baterai yang lebih tahan lama untuk mengakomodir para gamers. Situs web Nintendo menyebutkan bahwa Switch V1 dapat bertahan 2,5—6,5 jam, sedangkan Switch V2 bertahan sekitar 4,5—9 jam.

4. Fitur yang baru

Sebagai produk yang baru tentu saja V2 mendapatkan upgrade yang lebih baik dari pendahulunya. Salah satu update fitur tersebut adalah Bluetooth 5.0 yang berguna untuk menghubungkan perangkat lain, seperti headset bluetooth.

5. Harga 

Walaupun V2 merupakan upgrade dari V1. Namun harga yang ditawarkan oleh V2 justru tidak jauh berbeda dengan V1 saat pertama rilis. Switch V1 dan Switch V2 saat diperkenalkan dibanderol 299,9 dolar Amerika atau sekitar Rp4,7 juta.(*)

Tombol Google News

Tags:

Game Konsol Nintendo Update Spesifikasi